Cara Menanam Cabe di Polybag Memanfaatkan Lahan Sempit

2385 views

Kebun.net – Cara Menanam Cabe di Polybag Memanfaatkan Lahan Sempit. Sebaiknya lakukan penyemaian terlebih dahulu jangan langsung di tanam di polybeg secara langsung.

Mengapa demikian?
Karena untuk memudahkan dalam pencarian dan pemilahan bibit yang bagus tidak kerdil, cacat atau berpenyakit. Tanaman cabe dengan sistem pindah tanam akan membuat cabe lebih cepat tumbuh karena seleksi yang bagus. Untuk awalnya anda bisa membaca Pengertian dan Klasifikasi Tanaman Benih Cabai

Cara Menanam Cabe di Polybag Memanfaatkan Lahan Sempit

Cara memanam cabe pada tahap awal adalah menggunakan penyemaian terlebih dahulu jangan langsung ditabur di polybeg secara bersamaan karena bisa menghambat perkembangannya. Hal ini disebabkan tempat yang tidak leluasa dan sirkulasi udara yang lebih baik jika ditanam di tempat penyemaian.

Proses penyemaian juga dapat digunakan untuk memilah jenis bibis yang berkualitas tidak kerdil, berpenyakit ataupun cacat. Pindahkan dari penyemaian ketika pohon sudah agak besar dan mempunyai batang kuat untuk dicabut.

Jika anda tidak mempunyai lahan penyemaian yang lebar, anda dapat memanfaatkan daun pisang atau polybeg kecil ukuran 8×9 cm. Tapi diatur dalam satu polybeg mungkin hanya berisi maksimal 5 calon pohon cabe. Untuk pemindahan ke polybeg lebih besar usahakan tanaman cabe sudah mempunyai 3 helai daun biasanya berumur 3-4 minggu dari awal pembibitan.

Baca Juga:

– Cara Pemberian Pupuk CABAI, TOMAT DAN TERONG yang benar

Untuk media tanam persiapkan tanah humus dengan campuran pupuk organik padat atau cair dan aduk rata pada tanah. Untuk menghindari genangan air di akar, sebaiknya gunakan sabut kelapa, pecahan genteng atu styrofoam.

Bahan tersebut di campur dalam polybag berukuran di atas 30 cm agar tanaman cabe lebih leluasa tumbuh karena ada ruang yang cukup luas. Usahakan untuk mengayak tanah sebelum dimasukan ke polybag agar kita endapatkan tekstur tanah gembur sebagai media tanam.

Cara menanam cabe di polybag

Dalam proses pemindahan bibit ke polybag usahakan menggunkan bibit yang siap tanam dengan ciri-ciri batang kuat dan tidak lentur. Usahakan terkena sinar matahari pagi dengan cukup agar bibit berkualitas. Proses pemindahan bibit cabe sebaiknya dilakukan pada sore hari untuk menghindari pansanya terik matahari di siang hari selepas pemindahan.

Lubangi polybag bagian samping untuk mengalirkan air pada saat pemeliharaan dan tidak menggenang di dalam polybag. Untuk proses perawatan dan Cara Menanam Cabe di Polybag Memanfaatkan Lahan Sempit akan dibahas di artikel selanjutnya.

Tags: #benih cabe #bibit cabai #bibit cabe #budidaya cabe #menanam cabe di polybag #menanam cabe dilahan sempit #tanam cabe di polybag #tanaman benih cabe