Cara Memilih Tanaman Hidroponik yang Berkualitas

Kebun.net – Yang namanya bertanam tentu dibutuhkan bibit yang unggul karena bibit menentukan kualitas tanaman nantinya. Termasuk ketika Anda akan menanam dengan cara hidroponik Anda perlu memilih bibit tanaman unggulan yang dapat memberikan tanaman terbaik untuk Anda.

Karena itu Anda harus punya skill dan juga feeling tentang pemilihan tanaman hidroponik yang berkualitas. Lantas seperti apa saja cara memilih tanaman hidroponik yang berkualitas dan sangat cocok untuk Anda coba terapkan? Berikut kami berikan informasi detailnya untuk Anda supaya tidak salah pilih.

Cara Memilih Tanaman Hidroponik yang Berkualitas

Dalam memilih tanaman hidroponik yang berkualitas, ada beberapa aspek yang Anda perlu perhatikan. Lantas seperti apa saja cara memilih tanaman hidroponik berkualitas yang sangat tepat?

Pilih jenis tanaman yang cocok dengan kondisi geografis Anda

Letak geografis suatu wilayah memang sangat berpengaruh atas tumbuh dan berkembangnya suatu tanaman. Karena itu Anda perlu memperhatikan soal letak geografis sebelum memutuskan akan menanam tanaman apa. Letak geografis ini yang berpengaruh atas kondisi atau cuaca, ketersediaan air, dan juga kesuburan bagi lingkungan. Misalnya jika Anda tinggal di wilayah yang terdiri dari perbukitan berbatu, maka ada baiknya untuk Anda tidak menanam sayuran kangkung atau sayuran yang sulit tumbuh di area tersebut. Karena kalau begitu Anda akan sangat sulit untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Perhatikan iklim

Iklim juga memiliki peran yang sangat penting didalam menentukan pertumbuhan dan juga perkembangan suatu tanaman. Misalnya ketika musim hujan, ada baiknya untuk Anda hindari menanam sayuran jenis tomat dan lombok karena tanaman ini akan mudah busuk jika terkena banyak siraman air.

Baca juga:

Bagaimana Caranya Tanaman di Pot dapat Berbuah Lebat???

Cara Sukses Merawat Jambu Madu Deli Super Manis

Pilih jenis sayuran yang punya nilai ekonomi

Memilih jenis sayuran apa yang akan ditanam juga tidak boleh main – main. Selain Anda perlu perhatikan nilai gizi dari sayuran tersebut, Anda juga perlu pertimbangkan soal nilai ekonominya. Perhatikan mayoritas konsumsi orang – orang dan sediakan kebutuhan mayoritas tersebut agar pemasaran yang Anda butuhkan juga jauh lebih mudah.

Pilih Bibit Jenis Tanaman yang Berkualitas

bibit tanaman hias, tanaman hias, tanaman hidroponik

Upayakan untuk Anda memilih jenis bibit yang punya kualitas tinggi karena tanaman bisa tumbuh dengan baik tergantung dari bibitnya. Perhatikan kondisi daun, batang sampai dengan akar dari bibit yang Anda pilih.

Demikian beberapa Cara Memilih Tanaman Hidroponik yang Berkualitas dan dapat Anda coba terapkan. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat.