Cara Membuat Pupuk Organik Cair Super Praktis

3569 views

Cara membuat pupuk organik cair super banyak diterapkan oleh para petani untuk memenuhi nutrisi tanaman pertanian mereka. Produktivitas tanaman pertanian sangat erat hubungannya dengan kemampuan tanaman tersebut dalam menyerap unsur hara dan air secara efisien dari tanah. Kegiatan akar tanaman pertanian ini ditentukan oleh suatu kumpulan biologi terpadu. Oleh karena itu, dengan mengetahui pengetahuan ini dapat meningkatkan masing-masing proses biologi secara nyata. Pupuk organik memang memiliki pengaruh besar dalam melengkapi nutrisi tanaman pertanian. Oleh karena itu, sebagai petani yang baik sangat dianjurkan memberikan pupuk organik pada tanaman pertanian tersebut. Dengan begitu, hasil pertanian pun akan memuaskan dan berlimpah ruah.

cara-membuat-pupuk-organik-cair-super-praktis

Pupuk organik cair secara singkat dapat diartikan sebagai pupuk berfasa cair yang dibuat dari bahan-bahan organik melalui proses pengomposan. Pada dasarnya, terdapat dua macam tipe pupuk organik cair yang dibuat melalui proses pengomposan. Cara membuat pupuk organik cair super yang pertama ialah pupuk organik cair yang dibuat dengan cara melarutkan pupuk organik yang telah jadi atau setengah jadi ke dalam air. Jenis pupuk organik tanaman pertanian yang dilarutkan tersebut bisa berupa pupuk hijau, pupuk kandang, pupuk kompos atau campuran semuanya. Untuk lebih mudahnya, jika diumpamakan seperti teh yang dicelupkan ke dalam air lalu airnya dijadikan pupuk.

Pupuk yang kedua adalah pupuk organik cair yang dibuat dari bahan-bahan organik yang difermentasikan dalam kondisi anaerob dengan bantuan organisme hidup. Pada dasarnya, pupuk organik cair tidak bisa dijadikan pupuk utama dalam bercocok tanam. Sebaiknya gunakan pupuk organik padat sebagai pupuk utama atau dasarnya. Selain itu, jenis pupuk cair juga lebih efektif dan efesien jika diaplikasikan pada daun, bunga dan batang dibandingkan pada media tanam. Namun, jenis pupuk cair sangat efektif diterapkan pada media tanam saat mengaplikasikan metode hidroponik. Dalam metode hidroponik, media tanam sangat membutuhkan pupuk cair tersebut. Untuk info pupuk cair lebih jelasnya, simak saja cara membuat pupuk organik cair super berikut ini.

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Super

Dari segi kegunaan, jenis pupuk organik cair bisa berfungsi sebagai perangsang tumbuh. Terlebih lagi, pada saat tanaman mulai bertunas atau saat perubahan dari fase vegetatif ke generatif untuk merangsang pertumbuhan buah dan biji. Pada dasarnya, daun dan batang bisa menyerap secara langsung pupuk yang diberikan melalui stomata atau pori-pori yang ada pada permukaannya. Dalam melakukan pemberian pupuk organik cair tersebut lewat daun harus hati-hati. Jaga takaran pemberian pupuk organik cair tersebut, jangan sampai overdosis. Karena jika terlalu banyak memberikan pupuk organik cair ini bisa mematikan tanaman pertanian tersebut.

Tidak hanya itu saja, pemberian pupuk daun yang berlebih juga akan mengundang hama dan penyakit pada tanaman. Jadi, ketepatan takaran pupuk organik cair harus benar-benar diperhatikan untuk mendapatkan hasil maksimal. Karena memang produk pupuk cair merupakan salah satu terobosan baru teknologi organik. Pupuk cair ini dapat menyiasati sulitnya unsur hara terangkut dari tanah ke daun akibat tanah bantat dan buruknya struktur perakaran tanaman. Apabila petani mau menambahkan pupuk kandang atau pupuk hijau di lahannya, tentunya lahan akan kembali subur.

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Terbaik

Cara ajaib membuat pupuk organik cair berkualitas tinggi yang pertama ialah siapkan bahan-bahannya. Bahan-bahan membuat pupuk organik yaitu 1 karung kotoran ayam, setengah karung dedak, 30 kg hijauan (jerami, gedebong pisang, daun leguminosa), 100 gram gula merah, 50 ml bioaktivator (EM4), air bersih secukupnya. Selain dengan kotoran ayam, anda dapat menggunakan kotoran kambing. Cara membuat pupuk organik cair dari kotoran kambing juga sama dengan cara ini. Langkah selanjutnya yaitu dengan siapkan tong plastik kedap udara ukuran 100 liter sebagai media pembuatan pupuk. Satu meter selang aerotor transparan (diameter kira-kira 0,5 cm), botol plastik bekas akua ukuran 1 liter. Lubangi tutup tong seukuran selang aerotor.

cara-membuat-pupuk-organik-cair-super-praktis

Potong bahan-bahan organik yang akan dijadikan bahan baku pupuk cair tersebut. Kemudian masukkan ke dalam tong dan tambahkan air. Dengan komposisi yakni 2 bagian bahan organik, 1 bagian air. Kemudian aduk-aduk hingga merata. Lalu larutkan bioaktivator seperti EM4 dan gula merah 5 liter air aduk hingga merata. Kemudian cara membuat pupuk organik cair dengan EM4 menambahkan larutan tersebut ke dalam tong yang berisi bahan baku pupuk. Tutup tong dengan rapat. Setelah itu, masukan selang lewat tutup tong yang telah diberi lubang. Rekatkan tempat selang masuk sehingga tidak ada celah udara. Biarkan ujung selang yang lain masuk kedalam botol yang telah diberi air.

Tahap Akhir Membuat Pupuk Organik Cair

Tunggu hingga 7-10 hari. Jika anda ingin mengecek tingkat kematangan, anda dapat buka penutup tong cium bau adonan. Apabila wanginya seperti wangi tape, adonan sudah matang. Pisahkan antara cairan dengan ampasnya dengan cara menyaringnya. Masukkan cairan yang telah melewati penyaringan pada botol plastik atau kaca, tutup rapat. Pupuk organik cair telah jadi dan siap digunakan. Apabila dikemas baik, pupuk bisa digunakan sampai 6 bulan. Bahkan, ampas adonan tersebut masih dapat digunakan sebagai pupuk dengan wujud padat. Dengan begitu, anda akan mendapatkan dua jenis pupuk sekaligus, padat dan juga cair.

Pupuk NPK Organik Terbaik

1. Pupuk NPK Mutiara

Pupuk NPK Mutiara merupakan jenis pupuk yang memang sangat bagus untuk merangsang tanaman agar lebih cepat menghasilkan buah. Jenis Pupuk NPK Mutiara tersebut juga dapat merangsang beberapa tanaman sayur mayur akan menjadikan daun dan organ tanaman lainnya menjadi lebih segar, daun dan batangnya. Dengan begitu, tanaman tersebut menjadi lebih hijau cerah, serta batang, akar dan buahnya menjadi lebih kokoh. Terlebih lagi, buah dan bunganya tidak gampang rontok. Terdapat dua cara dalam penggunaan Pupuk NPK Mutiara ini. Kedua cara tersebut yakni dengan cara diencerkan terlebih dahulu baru diberikan kepada tanaman, dan dapat ditebar langsung ke pusat tumbuh tanaman tanpa diencerkan.

Penggunaan Pupuk NPK Mutiara Cair

Bahan dan peralatan yang harus dipersiapkan dalam penggunaan pupuk NPK mutiara cair tersebut ialah siapkan 2 liter air bersih. Siapkan 1 kg pupuk NPK mutiara yang masih dalam bentuk padatan. Sediakan ember yang dapat menampung larutan dengan massa (berat) lebih dari 2 liter. Siapkan pengaduk dari batang kayu/sejenisnya. Cara kerjanya adalah masukkan 1 kg pupuk NPK mutiara pada 2 liter air bersih di dalam ember. Kemudian aduk dengan batang pengaduk dari bantang kayu/sejenisnya. Aduklah hingga pupuk NPK mutiara padat tersebut larut dalam air. Kemudian diamkan dalam kurun waktu selama 5 hingga 10 menit hingga benar-benar menjadi larutan PNK mutiara cair.

Cara Penggunaan Pupuk NPK Mutiara

2 liter larutan pupuk NPK mutiara cair yang sudah dibuat tadi, selanjutnya dapat digunakan untuk beberapa kali pakai. Untuk 2 liter larutan pupuk NPK mutiara cair dilakukan pengenceran terlebih dahulu. Caranya dengan dimasukkan 2 liter NPK cair tersebut ke 8 liter air. Kemudian aduk hingga merata. Barulah setelah itu disiramkan ke masing-masing tanaman. Dengan dosis per tanamannya adalah 200 mL khusus untuk tanaman sayur mayur dan tanaman buah monokotil. Sedangkan untuk tanaman sayur mayur dari golongan tumbuhan dokotil menggunakan 4 liter larutan NPK mutiara cair yang sudah diencerkan.

Untuk tanaman buah-buahan berbatang pendek dan tidak berkayu (monokotil) berikan pupuk NPK mutiara sebanyak 0,1 kg pada saat tanaman berumur di atas rata-rata 1 bulan ke atas. Sedangkan untuk tanaman buah yang berkayu dan tanaman dikotil berikan 1 kg pupuk NPK mutiara. Pemberian pupuk NPK mutiara pada tanaman jenis dikotil setiap 2-3 bulan sekali. Dosis pemberian atau penggunaan pupuk NPK mutiara pada tanaman sayur mayur yakni 2 genggam/tanaman. Atau pupuk NPK mutiara tersebut dapat disebar secara acak dengan ditaburkan acak pada semua penjuru tanah tempat tanaman tersebut tumbuh. Dengan begitu, tanaman akan tumbuh dengan baik. Terlebih lagi, tanaman tersebut mampu menghasilkan panen yang melimpah. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara penggunaan pupuk tersebut.

2. Pupuk NPK Pelangi

Pupuk organik cair yang sangat dianjurkan selanjutnya ialah pupuk NPK Pelangi. Karena kebutuan Nitrogen pada tanaman padi dan jagung relatif lebih besar. Maka para petani sangat dianjurkan untuk pemupukan padi dan jagung menggunakan NPK Pelangi. Namun dengan sifat kelarutan yang cepat dan kandungan N yang lebih kecil dari pupuk NPK pelangi. Maka para petani sangat dianjurkan untuk menggunakan pupuk NPK Ponska untuk pemupukan tanaman hortikultura. Pupuk NPK Pelangi memiliki karakter slow rilis. Dengan sifat slow rilis tersebut pupuk NPK Pelangi akan sangat cocok untuk tanaman padi. Oleh karena itu, para petani padi tidak perlu ragu-ragu atau takut menggunakan NPK Pelangi.

cara-membuat-pupuk-organik-cair-super-praktis

3. Pupuk NPK Phonska

Jenis pupuk NPK Phonska atau dikenal pula dengan sebutan pupuk majemuk NPK adalah pupuk yang terdiri atas lebih dari satu unsur hara utama. Unsur hara yang terdapat dalam pupuk NPK Phonska tersebut bisa NP, NK, dan NPK. Pupuk NPK Phonska ini dibuat dari urea, ammonium, ZA, DAP, MAP, TSP, KCL, ZK, Phospat, zeolit, Dolomit, kieserit, TE serta tambahan zat lain. Komposisi yang terdapat dalam pupuk NPK Phonska yang mendasar terdiri atas Nitrogen (N) : 15% Fosfat (P2O5) : 15% Kalium (K2O) : 15% Sulfur (S) : 10% Kadar air maksimal : 2%. Jenis pupuk NPK Phonska memiliki kekayaan kandungan zat memungkinkan pemupukan terpadu atas tanaman.

Manfaat Pupuk Organik Cair

Pupuk organik memang mengandung lebih sedikit kandungan unsur hara dibandingkan dengan pupuk kimia atau anorganik. Namun penggunaan berlebih pupuk anorganik justru akan menurunkan tingkat kesuburan tanah dan merusaknya. Karenanya sangat diperlukan kesadaran bagi para petani untuk turut menggunakan pupuk organik agar kesuburan tanah tetap terjaga. Jenis pupuk organik mengandung berbagai jenis unsur hara yang jauh lebih lengkap dibandingkan pada pupuk kimia. Kelebihan pupuk organik cair yang lain yaitu mengandung berbagai mineral, juga zat-zat esensial yang dibutuhkan tanah dan tanaman, serta hormon pertumbuhan tanaman.

Merangsang Pertumbuhan Tanaman Secara Efektif

Pupuk organik cair dapat merangsang pertumbuhan tanaman dengan baik. Selain itu, pupuk organik cair dapat secara efektif meningkatkan kapasitas tukar kation pada tanah, bila dibandingkan dengan pupuk kimia. Bahan organik yang digunakan sebagai dasar POC akan mampu mengurangi jumlah unsur hara yang terikat mineral tanah. Dengan begitu, semakin banyak unsur hara tersedia bagi tanaman. Pupuk berbahan kimia menutrisi tanaman dengan memberikan nutrisi yang dapat diserap tanaman, tetapi tidak dapat menggantikan peran bahan organik. Meningkatkan kesuburan tanaman. Memperbaiki dan meningkatkan kualitas kandungan organik di dalam tanah, sehingga tanah atau lahan pertanian menjadi lebih remah, gembur dan tidak liat bahkan keras. Menjaga ketersediaan unsur hara di dalam tanah. Mengurangi polusi dan dampak sampah di lingkungan.

Memenuhi Nutrisi Tanaman

Pupuk organik cair memaksimalkan pemberian nutrisi bagi tanaman. Pupuk organik cair sebaiknya diperkaya dengan unsur-unsur mikro seperti nitrogen, kalium, sulfur, kalsium dan magnesium. Hal ini karena unsur-unsur makro yang dibutuhkan sudah disediakan oleh tanah. Untuk menyesuaikan kandungan unsur hara pada pupuk organik cair dapat digunakan bahan baku yang sesuai. Penyesuaian kandungan unsur hara juga harus memperhatikan pengaplikasian pupuk organik cair. Jenis pupuk organik cair dapat dibuat kaya dengan nitrogen. Bahan baku pupuk organik cair tersebut seperti kotoran unggas, daun-daun hijau atau jerami dapat menghasilkan pupuk yang lebih kaya akan nitrogen.

Mengatasi Hama dan Penyakit

Manfaat pupuk cair organik ini dapat mengusir hama tanaman seperti lalat buah, ulat daun, kumbang penggerek dan menghambat pertumbuhan ulat serta mematikan larva hama pengganggu. Selain itu, manfaat pupuk organik cair untuk mengatasi serangan penyakit padat umbuhan seperti, cacing, kumbang penggerek, lalat buah, jamur, spora dan larva organisme pada tumbuhan hal ini diketahui dari kandungan senyawa kimia yang dihasilkan dan mikroorganisme pendekomposisi didalam pupuk. Pupuk organik cair tidak ada efek negatif yang diakibatkan, baik bagi pengguna maupun bagi tanaman dan hewan ternak. Selain itu, hasil panen lebih sehat untuk dikonsumsi dan lebih tahan lama dalam penyimpanan secara alami.

Memperkaya Sel Tanaman

Gibberellin dan Asam Giberalat yang dihasilkan dari gibberella fujikoroi dan berupa hormon alamiah perangsang pertumbuhan pada tumbuhan. Manfaat pupuk cair ini untuk memperkaya sel tanaman, meransang pertumbuhan pohon, terutama pada tumbuhan buah, bunga, biji- bijian dan tumbuhan biji, memperkuat tangkai sari bunga pada tanaman. Alkohol yang dihasil dari fermentasi bahan dasar berfungsi sebagai pensteril tanaman dari lava dan spora penyakit tanaman. Kandungan N, P, K, Mg, S, terlarut yang terdapat didalam pupuk memiliki tingkat kestabilan yang baik. Dengan begitu, para petani yang masih pemula tidak perlu ragu untuk menggunakan pupuk organik cair tersebut.

Kandungan Pupuk Organik Cair

Folate Acid. Nicotinate Acid sebagai antipelagra. Panthotenate Acid sebagai anti bakteri pada kulit dan daun tanaman. Biotin sebagai penghasil vitamin B2 kompleks. Pyridoxine sebagai hormon pertumbuhan. Hyboflavine. Tyamin bermanfaat dalam metabolism karbohidrat. Giberelat Acid sebagai hormon peransang pertumbuhan pada tanaman dan dapat memperkaya sel pada tanaman. Auxins sebagai hormon yang mengatur arah tumbuh pada tanaman dan digunakan untuk menghasilkan buah dari bunga-bunga yang tidak dibuahi(partenokarpi). 1.3-difenilurea sebagai anti jamur dan sebagai ganti urea pada tanaman. M-inositol. Silo-inositol. Sorbitol. Ca, C1, Cu, Fe, K, Mg, Na, P, dan S. Mengandung minyak atsiri dan berfungsi sebagai anti bakteri.

Itulah ulasan terupdate mengenai cara membuat pupuk organik cair super praktis selengkapnya untuk anda. Semoga artikel tersebut bermanfaat. Terlebih lagi dapat menjadi referensi bagi anda yang mencari informasi seputar trik budidaya tanaman terbaru maupun terpopuler.