Cara Membuat Media Tanam Sayuran dalam Polybag

91 views

Dalam menanam tumbuhan, media tanam menjadi salah satu sorotan utama di samping cara menanamnya seperti cara membuat media tanam sayuran dalam polybag. Karena, pentingnya media tanam di sini menentukan baik buruknya pertumbuhan dan perkembangan yang juga berkaitan dengan hasil produksi nantinya.

Untuk jenis dari media tanam sendiri sangat beragam dan sangat banyak. Hal tersebut juga semakin didukung dengan semakin berkembangnya inovasi baru hingga memunculkan ide-ide terkini termasuk juga untuk media tanam hidroponik dan aeroponik yang juga cukup terkenal di zaman sekarang ini.

Namun, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai cara membuat media tanam sayuran dalam polybag, yang mungkin Anda perlukan jika ingin membudidayakan sayuran menggunakan media tanam polybag. Untuk itu, perhatikan tutorial cara membuat media tanaman tersebut di bawah ini.

Cara membuat media tanam sayuran dalam polybag

Persiapkan Bahan Tanam Organik

Untuk membuat media tanam dari polybag, maka dibutuhkan beberapa media tanam organik sebagai berikut:

  • Persiapkan Tanah yang Gembur

Tanah berperan sebagai bahan utama dalam membuat beberapa media tanam termasuk media tanam polybag. Sehingga, salah satu langkah utama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan bahan tanaman seperti tanah.

Seperti yang kita ketahui, terdapat dua jenis tanah yaitu tanah pasir dan tanah lempung. Namun, tanah yang perlu Anda siapkan adalah tanah yang tidak terlalu pasir dan tidak terlalu lempung atau yang biasa disebut sebagai tanah gembur.

  • Persiapkan Pupuk Kompos/Humus yang Telah Matang

Kompos merupakan salah satu bahan yang amat penting dalam pembuatan media tanam termasuk media tanam polybag. Karena, pupuk kompos berfungsi memberikan nutrisi pada tanaman nantinya atau mampu memberikan unsur hara bagi tanaman. Dan pupuk kompos yang disarankan adalah pupuk kompos yang padat.

Karena, pupuk kompos padat merupakan jenis pupuk kompos yang bisa digunakan sebagai bahan baku hampir semua media tanam. Serta penambahan kompos yang berperan sebagai bahan organik ini, juga memiliki kemampuan untuk memperbaiki struktur tanah dan meningkatkan kapasitas tukar kation terhadap tanah.

Selain kompos, Anda juga dapat menggunakan humus yang juga memiliki peran pupuk organik pengganti kompos yang dapat Anda peroleh dari hutan. Ada lagi, Anda juga dapat mengganti kedua pupuk tersebut dengan opsi lain seperti pupuk kandang atau pupuk hijau.

  • Persiapkan Arang Sekam atau Sabut Kelapa

Langkah selanjutnya selain mempersiapkan tanah dan pupuk adalah persiapkan arang sekam atau sabut kelapa. Arang sekam di sini, memiliki manfaat untuk meningkatkan kapasitas tanah.

Selain itu, Anda juga dapat memilih opsi lain yaitu persiapkan sabut kelapa sebagai penggantian arang sekam. Dan media ini, sangat cocok jika Anda terapkan di daerah yang kering dengan curah hujan rendah. Dan jika Anda menginginkan media tersebut, maka dapat diperoleh dari bagian kulit kelapa yang sudah tua untuk dimanfaatkan sabutnya.

  • Campurkan Seluruh Bahan yang Telah Dipersiapkan

Untuk tahap selanjutnya, campurkan bahan-bahan yang telah Anda siapkan berupa tanah, kompos, dan arang sekam menggunakan sebuah wadah. Komposisi campuran yang harus Anda lakukan adalah 2:1:1. Yaitu, 2 bagian untuk tanah, 1 bagian untuk kompos, serta satu bagian untuk arang sekam. Namun, ada juga pendapat lain yang mengemukakan bahwa perbandingan ketiga bahan tersebut dapat Anda terapkan dalam perbandingan 1:1:1. Yaitu, 1 bagian untuk tanah, 1 bagian untuk kompos, dan 1 bagian untuk sabut kelapanya. Untuk pertanyaan mana terbaik, tentunya tergantung dari jenis tanaman dan ketersediaan sumber dayanya. Sedangkan langkah terakhir dalam tahap ini adalah aduk hingga merata dalam wadah tersebut.

  • Persiapkan Media Tanam Utama Yaitu Polybag

Setelah Anda mempersiapkan bahan-bahan untuk dimasukkan ke dalam media tanam nantinya, Anda juga harus mempersiapkan media tanam utamanya yaitu polybag. Persiapkan polybag sebanyak dengan yang Anda butuhkan. Bagaimana kita tahu berapa banyaknya polybag yang dibutuhkan? Anda dapat mengetahui gambaran tersebut dari berapa tanaman sayuran yang hendak Anda tanam.

Selain itu, banyaknya sayuran yang hendak Anda tanam juga dapat dijadikan gambaran seberapa banyak bahan yang harus Anda persiapkan seperti tanah, kompos, dan bahan lainnya supaya tidak kurang dan tidak lebih. Sehingga, selesailah bagaimana cara membuat media tanam sayuran dalam polybag.

Nah, di samping mempersiapkan media tanamnya, Anda juga harus mempersiapkan tanaman apa yang akan Anda tanam. Jika Anda hendak menanam sayur-sayuran, maka tanaman yang harus Anda siapkan adalah sayur-sayuran tersebut. Namun, sayuran apa yang dapat ditanam di polybag?

Cara Menentukan Jenis Sayuran di Samping Mengetahui Cara Membuat Media Tanam Sayuran Dalam Polybag

Selain pandai-pandai mengetahui cara membuat media tanaman, Anda juga harus pandai memilih bibit sayuran yang baik untuk ditanam di media tanam yang telah Anda persiapkan.

  • Memilih Salah Satu Jenis Sayuran

Jika Anda hendak menanam dalam jumlah media yang tidak terlalu banyak, maka usahakan memilih satu jenis bibit sayuran saja. Apakah sayur brokoli, sawi hijau, slobor, dan jenis sayur lainnya.

Namun, jika Anda memiliki tujuan menanam sayur menggunakan polybag untuk memproduksi berbagai macam jenis sayur-mayur, maka dapat Anda pilih berbagai macam bibit sayur tersebut sesuai tujuan Anda. Sehingga, entah satu jenis maupun dua jenis bibit yang nantinya Anda pilih, maka tetap disesuaikan dengan tujuan awal dari penanaman sayur tersebut.

  • Pilih Bibit Sayur yang Unggul

Anda perlu menentukan bibit sayur yang baik atau unggul demi kelangsungan dan perkembangan tanaman yang nantinya Anda pilih. Dan perlu Anda ketahui juga, tidak semua bibit yang berkriteria unggul memiliki harga mahal.

Namun, terdapat pula bibit-bibit sayur yang unggul dengan harga terjangkau. Anda dapat mendapatkan bibit-bibit tersebut melalui petani sayur yang sudah mahir misalnya. Selain itu, Anda juga dapat memperoleh bibit unggul tersebut dari beberapa toko bibit sayur ternama yang sudah jelas kualitasnya.

Sesuaikan Jenis Sayuran dengan Cuaca Tempat yang Ada di Sekitar Anda

Hal ini juga perlu Anda konsultasikan kepada petani setempat yang mungkin sudah memiliki pengalaman lebih mengenai tanaman apa yang cocok untuk ditanam pada lokasi tempat Anda tinggal. Sehingga, media tanam serta tanaman yang nantinya Anda siapkan tidak berbuah sia-sia.

Nah, setelah Anda mengetahui cara memilih sayurannya, tinggal Anda menanamnya ke dalam media polybag yang telah disiapkan sebelumnya. Dan setelah itu, rawatlah tanaman sayuran tersebut hingga membuahkan hasil sesuai dengan yang diharapkan.

Intinya, miliki terlebih dahulu kemauan besar serta niat lurus jika ingin melakukan sesuatu. Terutama jika Anda menginginkan keberhasilan dari suatu tanaman yang hendak Anda tanam. Maka, Anda juga harus sabar dalam menerapkan teknik-tekniknya termasuk mengetahui cara membuat media tanam untuk sayur, dan menentukan jenis sayuran apa yang cocok untuk Anda tanam.