Cara Membuat Kompos Sederhana Dari Sampah Organik

902 views

Kali ini kita akan membahas bagaimana cara memanfaatkan barang yang sudah tidak ada gunanya menjadi benda bermanfaat. Benda yang tidak berguna ini tidak lain adalah sampah. Sampah sendiri mempunyai definisi benda dan atau material yang sudah tidak berguna atau berhenti berfungsi dan tidak dipakai karena berakhirnya suatu proses. Lalu sampah organik adalah sampah masih bisa kita pakai dan dapat menghasilkan sesuatu yang baru. Apabila melalui proses daur ulang yang benar dan tepat. Nah pemanfaatan sampah organik dalam hal ini adalah pupuk. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa harga  pupuk bagi tanaman itu mahal sekali. Tidak sedikit biaya yang harus kita keluarkan untuk bisa menggunakan pupuk pabrikan. Akan tetapi dengan kreatifitas dan didasari dengan niat yang kuat. Pada dasarnya sampah organik bisa dijadikan sebagai pupuk yang bisa digunakan untuk menyuburkan tanamaan.

cara-membuat-kompos-sederhana-dari-sampah-organik

Semua ini tentu saja bisa dilakukan untuk para petani yang selalu membutuhkan pupuk untuk menyuburkan tanamannya. Dan tentunya bisa menekan biaya yang seharusnya besar bisa diminimalisir dengan adanya pupuk kompos ini. Selain itu hasil panennya juga bisa berlipatganda karena di pupuk dengan pupuk yang dibuat sendiri dari sampah organik. Sebenarnya pengertian sampah organik yaitu semua sampah yang dapat mengalami penguraian serta pelapukan menjadi material yang lebih kecil. Akan tetapi sampah organik ini tidak berbau atau sering orang menyebutnya kompos. Kompos ini diperoleh dari hasil pelapukan bahan-bahan yang bersifat organik. Seperti halnya daun-daunan, alang-alang, jerami, sampah, dan rumput. Dengan cara diatas maka pupuk organik dapat juga kita sebut pupuk buatan yang menggunakan bahan organik. Atau contoh limbah pertanian yang sudah di percepat atau disebut rekayasa pelapukan.

Cara Membuat Kompos Sederhana

Proses pengolahan pupuk kompos sebenarnya mencontoh proses terbentuknya humus di alam. Akan tetapi dengan cara merekayasa kondisi lingkungan serta menambahkan beberapa unsur. Proses pembuatan pupuk kompos bisa dipercepat yaitu hanya dalam kurun waktu 2 minggu sampai 1 bulan saja. Waktu ini lebih dari kecepatan terbentuknya humus dengan cara alami. Oleh sebab itu, pupuk kompos bisa selalu dibuat dan tersedia sewaktu-waktu apabila dibutuhkan tanpa harus menunggu selama bertahun-tahun.

Dalam menciptakan pupuk kompos organik yaitu menyiapkan sampah yang akan dipakai dalam pembuatan pupuk kompos. Pilihlah sampah sampah tersebut dan pisahkan antara sampah plastik dengan sampah daun tanaman atau organik. Siapkan wadah yang memenuhi syarat dan pantas untuk pembuatan pupuk kompos sederhana ini. Anda dapat memakai ember, tong, ataupun wadah lain yan dirasa cukup pantas. Ya usahakan tempat yang anda siapkan memiliki tutup sehingga nantinya bisa menghindarkan dari lalat, tikus.  Ataupun mungkin tercampur dengan air hujan. Ambillah tanah secukupnya, lalu taruh sebagai alas di wadah yang disiapkan tadi. Kemudian siramlah dengan air.

Proses Pembuatan Kompos

Masukkan sampah berupa daun daun dan sampah dari limbah rumah tangga di dalam wadah di atas lapisan tanah yang tadi. Ratakan sampai ketebalannya sekitar sama dengan ketebalan tanah yang dimasukkan tadi. Tutup lapisan daun atau sampah rumah tangga memakai tanah lagi dan kemudian siram kembali dengan air.  Tutup wadah sampah tadi memakai tutup yang sudah disiapkan. Fungsi dari penutup ini adalah menghindarkan calon kompos tadi dari air hujan dan lalat. Letakkan wadah pada tempat yang tidak bisa dijangku anak-anak. Serta tidak terkena paparan sinar matahari langsung. Biarkan wadah tersebut jangka waktu selama kurang lebih 3 minggu. Demikian langkah-langkah sederhana dalam pembuatan pupuk kompos organik dari daun-daun serta sampah rumah tangga.