Cara Budidaya Tananam Hias Bunga Rombusa

1 comment 174 views

Kebun.net – Kali ini kita akan membahas Cara Menanam Bunga Rombusa. Tahukah Anda dengan bunga yang satu ini? Bunga rombusa adalah salah satu jenis tanaman bunga semak yang memiliki bunga dengan warna putih keunguan yang tampak sangat cantik dan indah. Bunga dari bunga rombusa ini tumbuh jarang dan juga hanya mempunyai setidaknya 4 mahkota bunga yang mempesona. Bunga rombusa tergolong ke dalam salah satu jenis tanaman semak yang memiliki daun lancip dengan jenis rimbun dan juga berbatang cukup kecil.

Tanaman bunga rombusa ini umumnya selain dipergunakan sebagai tanaman pagar juga sebagai penghias rumah tinggal, sehingga bisa disebut sebagai pagar hias. Akan tetapi, untuk pagar hias pastinya  bunga rombusa tersebut harus ditanam secara rapi dan juga dipangkas supaya tumbuh jadi pagar hias yang sangat bagus. Nah, untuk menanam bunga rombusa ini caranya sangat mudah sekali, namun untuk lebih jelasnya, silakan Anda simak beberapa cara menanam bunga rombusa di bawah ini.

Cara Menanam Bunga Rombusa

Proses pembibitan Bunga Rombusa

Sama seperti halnya kebanyakan tanaman semak, maka untuk bunga rombusa satu ini dibibit lewat stek batang. Stek dilakukan setelah tanaman rombusa memiliki batang yang cukup berkayu dan memiliki ukuran yang cukup. Langkah yang selanjutnya adalah tanaman dipotong mirip dengan menggunakan pisau yang tajam supaya batangnya tidak rusak. Setelah itu, bibit rombusa dapat Anda simpak terlebih dulu di tempat yang lembab atau pun langsung ditanam.

Proses Penanaman Bunga Rombusa

Silahkan Anda olah tersebut dulu media tanamnya yang bisa dibuat dari tanah dan juga pupuk kandang atau pun pupuk kompos dengan perbandingkan 1 : 1. Setelah itu, langkah yang selanjutnya adalah dengan menancapkan bibit dengan arah tegak lurus ke atas. Usahakan tanaman Anda tancapkan sedalam 10 cm, supaya nantinya perakarannya jadi lebih kuat sebagai pagar hias depan rumah tinggal Anda. Siram dengan menggunakan air biasa tanpa campuran apapun agar bibitnya tidak layu setelah ditanam.

Baca Juga:
Cara Menaman Bunga Anggrek
Cara Menanam Bunga Euphorbia Agar Rajin Berbunga
Cara Menanam Bunga Adenium di Pot
Manfaat Dan Efek Samping Tanaman Bunga Terompet

Proses Perawatan Bungan Rombusa

Lakukanlah penyiraman tanaman sebanyak sekali dalam 1 harinya, supaya tanaman cepat tumbuh. Penyiraman sewajarnya saja, jangan yang terlalu lembab, karena tanaman tersebut tak suka tanah yang lembab. Jangan lupa untuk memberikan pupuk sebagai nutrisi tanaman dengan tujuan supaya batang serta daunnya tumbuh dengan lebat.

Demikian informasi tentang cara menanam bunga rombusa yang bisa kami bagikan. Semoga saja bisa bermanfaat.