Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Asoka

2 comments 78 views

Kebun.net – Sebelum kami akan membahas lebih jauh lagi tentang bunga asoka, apakah Anda sudah sering melihat bunga-bunga kecil yang memiliki bentuk runcing yang merumpun dan juga memiliki warna kuning atau pun merah? Jika iya, maka bisa dipastikan itu adalah bunga asoka.

Bunga asoka adalah salah satu jenis bunga yang banyak sekali ditanam di sebuah perkarangan rumah sebagai penghias taman belakang rumah. Bunga yang satu ini memang tidak mengeluarkan aroma atau bau yang semerbak, akan tetapi di dalam rumpun bunganya ada sari-sari nektar. Dengan begitu pastinya sudah sangat sering sekali akan Anda lihat kupu-kupu yang sedang menghisap nektar bunga asoka tersebut. Umumnya kupu gajah adalah yang paling gemar atau pun suka sekali dengan nektar yang ada pada bunga satu ini.

Untuk proses penanaman dan juga perawatan bunga asoka ini sangat mudah sekali, sehingga siapa saja bisa menanamnya sendiri dengan mudah di rumah. Nah, apabila Anda tertarik menanam bunga asoka tersebut silakan simak beberapa panduannya di bawah ini.

Panduan Menanam Bunga Asoka

 Proses Pembibitan Bunga Asoka

Pada proses pembibitan bunga asoka ini caranya sangat mudah sekali, pertamanya silakan Anda gunakan rampalan batang pohon induk yang sudah mempunyai akar. Batang rampalan ini dipilih yang sudah mempunyai panjang di atas 15 cm. Rampal bunga asoka dengan hati-hati, jangan sampai rusak. Kemudian rampalan bisa Anda diamkan di tempat yang teduh dan juga lembab atau pun basah.

Baca juga:
Cara Budidaya Tanamam Hias Bunga Lily dengan Baik dan Benar
Cara Budidaya Tananam Hias Bunga Rombusa
Cara Menanam Bunga Euphorbia Agar Rajin Berbunga
Cara Menaman Bunga Anggrek

Proses Penanaman Bunga Asoka

Sedangkan pada proses penanaman bunga asoka ini langkah pertamanya adalah dengan mengolah media tanam yang telah dicampurkan dengan tanah pekarangan dengan pupuk kompos atau pun pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1. Buat lubang dengan kedalaman sekitar 5 hingga 10 cm. Langkah yang selanjutnya, silakan Anda tanam bibit yang tadi dengan hati-hati dan juga berarah tegak. Penanaman bunga asoka ini ada baiknya Anda lakukan di sore hari pada saat matahari tidak terlalu terik untuk menghindari layu.

Proses Perawatan Bunga Asoka

Anda bisa melakukan perawatan dengan cara menyirami bunga asoka setiap harinya di awal tanam, usahakan di saat pagi hari saja. Setelah pertumbuhan bunga ini sudah baik, berikan pupuk kandang atau pupuk kompos setiap sebulan sekali. Pemberian pupuk sekaligus penyiangan serta perampalan batang yang kering atau pun yang tidak baik.

Itulah informasi yang bisa kami bagikan tentang jual tanaman bunga asoka. Semoga saja bisa bermanfaat.