Jenis Dan Cara Budidaya Anggrek Di Pekarangan Rumah

336 views

Banyak dari orang mendambakan untuk memiliki tanaman bunga anggrek pada halaman rumahnya. Pada saat ini cukup banyak juga yang telah menanam bunga anggrek dan dijadikan untuk hiasan di halaman rumahnya. Akan tetapi, sebagian orang tidak dapat melakukan demikian karena kesibukan. Atau mungkin tidak punya halaman rumah yang luas untuk menanam tanaman hiasan seperti tanaman bunga anggrek. Selain itu, mungkin juga ada beberapa orang merasa kesulitan saat merawat tanaman bunga anggrek yang indah ini. Hal ini dikarenakan perawatan tanaman bunga anggrek memanglah agak sulit. Faktor lingkungan dan bagaimana kita melakukan perawatan yang mempengaruhi tanaman bunga anggrek kita agar berhasil tumbuh dengan baik.

jenis-dan-cara-budidaya-anggrek-di-pekarangan-rumah

Tanaman bunga anggrek adalah tanaman yang hidupnya menumpang ataupun menempel di pohon lainnya. Akan tetapi tanaman bunga anggrek ini tidaklah termasuk tanaman parasit. Walaupun tanaman bunga aggrek hidupnya menempel pada pohon lainnya. Akan tetapi bunga anggrek ini bisa hidup mandiri. Tanaman bunga anggrek hidup dengan embun serta udara yang lembab. Nah organ yang tebal menjadikan tanaman bunga anggrek mampu bertahan pada tekanan dari ketersediaan air. Tapi, tanaman ini tentu tetap memerlukan ketersediaan air. Umumnya, air yang diperoleh dari air hujan, tetesan embun, serta uap air pada udara.

Karakteristik Tanaman Anggrek

Mungkin, salah satu hal yang menjadikan tanaman bunga anggrek digemari oleh banyak orang yaitu bentuknya yang unik. Tidak hanya manusia yang suka dengan bentuk dari tanaman bunga anggrek ini. Tapi juga menjadi perhatian oleh serangga penyerbuk. Hal ini sebab tanaman bunga anggrek mempunyai bentuk yang hampir sama dengan binatang penyerbuk. Manfaatnya adalah untuk menarik serangga supaya mau hinggap dan membantu tanaman anggrek saat proses penyerbukan. Salah satu dari tanaman bunga anggrek yang mempunyai bentuk yang mirip dengan serangga yaitu tanaman bunga anggrek yang jenis ngengat atau Phalaenopsis.

Tanaman bunga anggrek jenis ngengat ini mempunyai kelopak bunga yang lebar. Serta bagian atasnya mempunyai bentuk yang hampir sama dengan serangga. Jenis anggrek ini juga mempunyai kantong yang dapat menarik lebah ataupun burung untuk mengambil serbuk sari dari bunga. Akar dari tanaman bunga anggrek ini mempunyai begitu banyak manfaat. Untuk menunjang tanaman bunga anggrek jenis itu sendiri. Salah satu manfaat dari akar tanaman bunga anggrek yaitu untuk bisa menempel di pohon. Jadi, akar dari tanaman bunga anggrek ini ibaratnya dengan jangkar. Yang bikin tanaman bunga anggrek dapat untuk terus menempel pada pohon ataupun media tanam anggrek lainnya. Selain itu, akar pada tanaman bunga aggrek juga bermanfaat untuk meyalurkan air pada seluruh bagian tumbuhan.

Cara Budidaya Anggrek

Budidaya tanaman bunga anggrek ini cukuplah mudah, asalkan dirawat dengan baik. Anggrek dapat tumbuh pada berbagai iklim. Pengembang biakannya pun begitu mudah. Budidayanya dapat dilakukan dengan langkah alami ataupun dengan cara tertentu. Indonesia sendiri sudah dikenal jadi pemilik bunga anggrek dengan varietas terbanyak di dunia. Pada tanah air kita ada sekitar 3500 macam spesies anggrek hasil dari perkawinan silang. Varietas anggrek yang paling banyak dikumpulkan di Indonesia yaitu jenis Dendrobium. Sebab jenis anggrek ini masih sangat terjangkau, serta mempunyai banyak warna, Perawatannya tanaman anggrek juga mudah.

Dalam budidaya tanaman anggrek kamu perlu mengetahui media ataupun tempat menanam tanaman anggrek yang cocok. Sesuai dengan varietas anggrek itu sendiri. Budidaya anggrek sesungguhnya tidaklah begitu sulit. Bahkan untuk menanam tanaman bunga anggrek Anda tidak selalu harus memakai pot. Sebab tanaman anggrek dapat menempel pada tanaman yanglain. Untuk hasil lebih baiknya tentu akan lebih maksimal jika menggunakan pot tersendiri. Bunga anggrek kesayangan anda akan tampak mempesona.