Bunga Rosela, Catik dan Banyak Manfaat

611 views

Rosela atau Hisbiscus Sabdariffa merupakan salah satu tanaman asli benua hitam Afrika yang banyak dikembangkan dan dimanfaatkan untuk kesehatan di Negara kita ini. Pada awalnya, bunga Rosela ini merupakan salah satu tanaman hias yang dipakai untuk memoles halaman aagr tampak lebih aduhai dan sedap dipandang. Tapi belakangan banyak digunakan untuk alternative pengobatan herbal.

Di tempal asal bunga Rosela banyak dibuat minuman, salad, selai, atau juga jeli. Untuk membuat selai atau jeli Rosela yang dibutuhkan adalah serat yang terdapat pada kelopaknya. Sedangkan salad Bunga Rosela banyak ditemui di Jamaika yang terkadang juga dimakan dengan tumbukan kacang atau hanya direbus untuk isian roti atau kue.

Selain itu, di Mesir dan juga di Sudan, bunga Rosela banyak dimanfaatkan untuk membuat minuman dingin (saat musim panas) atau sebaliknya diminum panas pada saat cuaca sedang dingin. Bahkan di Sudan minuman Rosela sering dicampur juga dengan merica, garam atau bahkan juga tetes tebu untuk menambah cita rasanya.

Minuman atau yang sering kita sebut dengan teh Rosela ini memiliki beberapa manfaat diantaranya untuk menghilangkan efek mabuk juga untuk mencegah batuk. Selain itu juga teh Rosela ini banyak dimanfaatkan untuk diet yang dipadukan dengan gula rendah kalori atau gula jagung yang banyak digunakan oleh para penderita gula darah atau diabetes.

Biji Bunga Rosela juga bias digunakan untuk campuran kopi setelah ditumbuk. Jika anda penasaran silahkan coba sendiri cita rasa kopi Rosela ya…..

Bagi yang berminat untuk menanam Bunga Rosela yang cantik dan banyak manfaat ini bisa dicoba karena mudah sekali perawatannya dan juga banyak media online yang menyediakan bibitnya yang siap pindah media.