Cara Menamam Bunga Mawar Ungu Dan Manfaatnya

441 views

Pada umumnya para anak muda yang sedang merasa jatuh cinta sering kali menggunakan bunga mawar untuk menyatakan perasaannya kepada orang yang dia cintai. Bunga yang indah ini adalah bunga yang menjadi lambang cinta. Mawar yang sering di gunakan oleh remaja untuk mengungkapkan cinta biasanya bunga mawar merah ataupun bunga mawar putih. Padahal masih banyak bunga mawar yang mempunyai warna jauh lebih indah dari bunga mawar merah serta bunga mawar putih. Antara lain adalah bunga mawar ungu. Mungkin alasan para remaja memakai bunga mawar merah sebab sering di temui dan juga banyak dijual. Berbeda dengan bunga mawar ungu yang dapat di bilang masih langka di pasaran.

cara-menamam-bunga-mawar-ungu-dan-manfaatnya

Memang masih begitu sulit untuk menemukan bibit mawar ungu, tapi masih sangat langka di pasaran. Bila sekalinya ada harganya pun pasti tetap mahal tapi bentuk penanaman dan lainnya masih sama dengan bunga-bunga mawar yang lainnya. Hanya mencari bibitnya yang susah. Bila anda punya bibit mawar ungu segera tanamlah bunga tersebut dan perbanyaklah. Untuk mawar ungu dapat tumbuh subur di kebun anda.  Mawar ungu melambangkan bentuk mistis kecintaan terhadap alam. Jadi jika anda mencintai alam ini cobalah untuk menanam  mawar ungu dengan cara  berikut ini.

Cara Menanam Bunga Mawar Ungu

Buatlah lubang tanam mawar dengan jarak yang sedikit berjauhan 60-60cm ataupun 70-70cm.  Namun itu tergantung jenis mawar serta kesuburan tanahnya. Guna membuat lubang, dibutuhkan sekop yang melengkung agar bentuk lubang tersebut silindris. Ukuran lubang kira kira 45-45-45cm, kedalamannya pun juga di samakan. Lakukanlah penanaman mawar di awal musim hujan,supaya tanah lembab dan menjadi  subur. Bongkarlah bibit tanaman mawar yang berasal dari benih yang sebelumya dengan cara cabutan. Kemudian potong sebagian akar-akarnya dengan menggunakan gunting. Rendamlah bibit mawar dalam air kurang lebih 15-30menit. Tanam bibit mawar pada tengah-tengah lubang yang sudah disiapkan sebelumnya. Kemudian atur akarnya supaya menyebar ke seluruh arah di lubang tersebut.

Padatkan tanah pada sekeliling batang tanaman mawar supaya akar-akarnya bisa kontak langsung dengan tanah yang mengandung air. Siramlah tanaman dengan air di sekeliling pada batang tanaman bunga mawar sampai basah. Lalu pasang pelindung sementara yang dibuat dari anyaman bamu. Supaya  melindungi tanaman dari panasnya sinar matahari. Cara penanamannya sama seperti mawar mawarpada umumnya. Tapi benih mawar ungu sulit sekali didapatkan.

Manfaat Bunga Mawar

Dibalik keindahan warna bunga mawar, ternyata juga menyimpan khasiat untuk obat alami. Jika anda sempat pergi jalan jalan ke Bangkok, akan anda temui makanan yang dibuat dari bunga mawar. Banyak restoran di bangkok yang menyajikan menu andalan dari bahan bunga mawar. Bunga ini aman bila dikonsumsi dan mempunyai beberapa khasiat. Minyak atsiri nya terdapat geraniol dan limonene yang berfungsi  sebagai antiseptik, atau pembunuh jamur candida albican penyebab dari keputihan serta menambah daya tahan pada  tubuh.

Aroma bunga mawar yang harum juga sering dipakai sebagai aromaterapi yang bisa menenangkan juga meningkatkan mood. Daun kelopak mawar yang kering juga bisa untuk mengharumkan teh. Caranya sangat mudah, yaitu campurkan sedikit kelopak bunga mawar kering dengan teh lalu rebuskan air kemudian saringlah. Anda bakal menikmati segarnya teh dengan menghirup aroma bunga mawar yang bisa meningkatkan mood. Memanglah begitu hebat keindahan  mawar ungu ini. Selain warnanya yang indah ternyata memiliki khasiat sebagai obat alami.

Demikianlah ulasan tentang budidaya mawar ungu. semoga bermanfaat bagi anda. Jangan lupa baca juga ulasan tentang anggrek vanda yang sebelumnya dibahas.