Buah Tin dan Sejuta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Kebun.netBuah Tin dan Sejuta Manfaatnya Untuk Kesehatan. Sebagian besar dari kamu pasti sudah pernah mendengar tentang buah tin dan zaitun. Zaitun mungkin kamu pernah lihat buahnya, meskipun hanya lewat gambar pada beberapa kosmetik. 

Apa itu buah tin?
Tin atau nama lainnya ara atau common fig dalam bahasa Inggris adalah tumbuhan penghasil buah-buahan yang dapat dimakan.

Buah Tin dan Sejuta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Ahli botani menyimpulkan tumbuhan dengan buah bernama sama itu termasuk kerabat pohon beringin dari genus sama, yaitu ficus. Maka, nama latin pohon tin adalah Ficus carica l. Berdasarkan temuan arkeologis, tin termasuk salah satu tumbuhan yang ditanam sejak ada manusia. 

Itu terbukti dengan ditemukannya sembilan sub-fosil tanaman tersebut yang bertipe partenokarpik dari sekitar 9400-9200 SM di kawasan neolitikum Gilgal I (Lembah Yordania, sekitar 13 km dari Kota Jericho).

Kini pohon penghasil buah tin itu ditanam orang di wilayah Timur Tengah, Mediterania, dan beberapa negara lain. Di Indonesia, tanaman itu juga sudah mulai dibudidayakan, tepatnya di tempat pembibitan tanaman di Jakarta Timur. Perlu diketahui, di Timur Tengah dan Eropa, tin termasuk buah mewah dan mahal.

Baca juga:
Cara Budidaya Buah Tin yang Benar
Berbagai Jenis Buah Tin Termahal
Mengenal Lebih Dekat Jenis Buah Tin Paling Mahal

Dulu, hanya kalangan bangsawan saja yang menikmatinya. Itu pun lebih banyak pada saat-saat tertentu yang dianggap istimewa. Banyak Manfaat Dilihat dari bentuk, rasa dan aromanya, tin mirip dengan jambu biji. Aromanya harum, teksturnya empuk, rasanya keset, manisnya sedang, sedikit mengandung air dan berbiji banyak namun bijinya enak dimakan.

Manfaat buah tin untuk kesehatan

Sebagai buah yang lezat disantap, tin juga memiliki banyak kemanfaatan untuk kesehatan. Pasalnya, buah tersebut mengandung kalium, omega tiga dan omega enam yang berfungsi untuk menjaga tekanan darah tinggi dan serangan jantung koroner. Kandungan coumarin dalam buah tin juga dapat mengurangi risiko kanker prostat.

Selain itu, buah tin juga mengandung kalsium yang bagus untuk mencegah osteoporosis, dan membantu meningkatkan kepadatan tulang. Beberapa zat lain seperti trytophan yang bagus untuk penderita insomnia dan pektin untuk mengurangi kolesterol darah. Masih banyak manfaat lainnya, termasuk yang berasal dari daunnya.

Air rebusan daunnya bila diminum bisa menjadi obat untuk kencing batu, diabetes, dan asam urat. Air rebusan itu juga dapat membantu pasien diabetes mengurangi jumlah asupan insulin dan infeksi ginjal.

Demikian artikel mengenai Buah Tin dan Sejuta Manfaatnya Untuk Kesehatan dari Kami semoga dapat menambah informasi anda dan semoga bermanfaat.