Bisnis Tanaman Hias Rumahan 

149 views

Bisnis Tanaman Hias Rumahan – Usaha rumahan yang tidak membosankan dan bisa dapat untung itu bisa dengan budidaya tanaman hias. Usaha tanaman hias ini tidak semua orang mampu artinya mengelola tanaman itu gampang-gampang susah. Jika sedang untung tanaman bisa berkembang dengan baik tetapi jika Anda tidak punya jiwa dengan tanaman maka akan mudah mati. Usaha budidaya tanaman hias ini bukanlah prioritas utama namun lumayan juga ketika memperoleh keuntungan.

Persiapan yang bisa Anda rinci adalah sebagai berikut:

  1. Rencanakan Jenis Tanaman

Jenis tanaman apakah yang sesuai dengan kebutuhan lingkungan Anda terlebih dahulu. Anda tidak mungkin budidaya tanaman dengan harga yang selangit bukan?

Jadikan tetangga Anda adalah konsumen pertama yang puas agar mereka menularkan ke orang lain. Jenis tanaman yang murah dan menarik biasanya sangat laris manis dibeli. Seperti suplir, lili paris, bunga-bungaan dan sedikit bibit rumput.

  1. Lahan Untuk Usaha

Lahan untuk usaha atau budidaya ini tentunya cukup lapang ya bu, mengingat nanti ada pot besar, sedang da kecil. Ada pula lahan untuk tanaman bunga atau gantung, namun jika Anda hanya punya lahan terbatas usahakan tanaman hias yang dibudidayakan tidak ukuran besar dan harga mahal. Buatlah rak bertingkat melingkar dan tata pada bagian atasnya untuk penempatan tanaman hias gantung.

  1. Pahami Cara Merawat

Bibit tanaman yang mulai bertunas membutuhkan perawatan yang sangat intensif berbeda dengan tanaman yang telah tumbuh dengan sempurna. Perawatan ini bisa Anda kenali dari jenisnya, ada yang memerlukan pupuk butir dan kompos. Oh iya, jika ada konsumen yang ingin membeli Anda berikan juga cara perawatannya agar semakin bagus. Hama tanaman hias ini terbilang jarang sekali karena tanaman hias termasuk dalam jenis semak yang tahan dengan berbagai kondisi cuaca. Berbeda dengan tanaman pangan yang memang jenisnya ringkih dan memerlukan perawatan ekstra.

  1. Makanan Tumbuhan

Air adalah makanan tumbuhan, jangan sampai Anda telat karena menghambat perkembangan tanaman hias. Untuk tanaman hias gantung sebaiknya diberikan makanan dari pupuk buatan yang sudah dikemas dengan praktis, tinggal letakkan satu butir saja dan tunggu reaksinya.

  1. Pemasaran 

Metode pemasaran tanaman hias rumahan ini mulai saja dari tetangga dekat atau teman sekolah. Dari sini berikan ukuran yang masih kecil dan murah, anggap saja sebagai permulaan bisnis. Jika sudah terkenal di lingkungan dekat, maka Anda bisa posting lewat media online.

Jika Anda telah sukses dalam usaha tanaman hias rumahan ini mungkin bisa ekspansi ke jenis tanaman hias yang up to date dengan jumlah terbatas dahulu. Tanaman hias unik itu seperti bunga tulip yang tumbuhnya cukup ekstra sabar, bunga hollyhock dan sebagainya.

Tinggalkan pesan "Bisnis Tanaman Hias Rumahan "

Penulis: 
    author