Bibit Buah Naga Super Red Hybrid Varietas

Buah naga dipercaya dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan hati. Buah naga tersebut memiliki banyak serat yang berkhasiat tinggi dalam membantu menurunkan berat badan. Dapat disimpulkan bahwa buah naga ini dapat membantu orang-orang obesitas dengan masalah berat badan mereka. Selain itu, buah naga juga bisa dimanfaatkan oleh penderita diabetes.

Penderita diabetes sering memanfaatkan buah naga ini sebagai salah satu sarana penyembuhan. Hal ini dikarenakan, buah naga tersebut memiliki sifat antioksidan yang mengesankan. Selain antioksidan, buah naga mengandung karotin, serat, protein, kalsium, vitamin B1, B2, dan B3, vitamin C, dan fosfor. Dari berbagai jenis buah naga, buah naga merah adalah jenis buah naga terbaik.

Bibit Buah Naga Super Red Hybrid Varietas

Buah naga dari keluarga Hycocereus tersebut tersebar luas dengan daging warna merah. Bunga buah naga itu sendiri bermekaran pada malam hari. Penyerbukan buah naga tersebut dilakukan oleh Nocturnally Ngengat dan juga kelelawar. Buah naga berwarna merah sangat berkhasiat melawan berbagai penyakit berbahaya seperti halnya kanker, diabetes mellitus, dan serangan jantung. Hal ini dikarenakan buah naga merah kaya akan antosianin. Dengan banyaknya manfaat yang bisa diambil dari buah naga tersebut, tak sedikit orang yang berupaya untuk budidaya buah naga merah.

Buah naga merah juga sering disebut dengan buah naga super red. Bibit buah naga super red juga banyak dijual di berbagai toko pertanian. Harga buah naga super red yang ditawarkan pun juga beragam, tergantung pada kualitas dan kuantitas bibit buah naga merah tersebut. Tentunya harga tersebut semakin hari akan semakin mahal pula. Harga bibit buah naga siap berbuah dan juga harga bibit stek buah naga akan meningkat seiring dengan jumlah permintaan konsumennya.

Budidaya Buah Naga Merah

Buah naga atau biasa dikenal dengan sebutan dragon fruits tersebut sebenarnya masih merupakan dalam keluarga tanaman kaktus. Meski banyak ditemukan di negara Asia, namun sebenarnya tanaman buah naga ini berasal dari Meksiko, Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Buah naga merah sangat cocok untuk ditanam pada kondisi iklim dan alam tropis Indonesia. Bunga naga merah dapat tumbuh dengan optimal pada ketinggian 0 – 350 meter di atas permukaan laut, curah hujan 720mm/tahun dan suhu sekitar 26-36 derajat celcius.

Sebelum Anda memulai budidaya buah naga merah, Anda harus memilih bibit buah naga merah terlebih dahulu. Pada dasarnya, buah naga merah dapat dibudidayakan dengan 2 cara, yaitu generatif dan vegetatif. Cara generatif adalah pengembangbiakan dengan biji, sedangkan cara vegetatif adalah pengembangbiakan dengan batang. Cara generatif dilakukan dengan cara mengeluarkan biji dari buah naga berkualitas baik. Sedangkan cara vegetatif dilakukan dengan stek batang. Stek batang disebut juga sebagai metode menumbuhkan bagian pohon menjadi tanaman baru.

Pembibitan Stek Buah Naga

Penyetekan buah naga merah dapat dilakukan pada batang tanaman yang pernah berbuah sekitar 3 – 4 kali. Hal ini adalah salah satu upaya agar hasil stek buah naga merah dapat berproduksi lebih cepat dan menghasilkan hasil yang lebih bagus. Pilih batang dengan diameter sekitar 8 cm, keras, tua, berwarna hijau kelabu dan sehat. Selanjutnya adalah proses pemotongan. Pemotongan dilakukan pada batang dengan panjang sekitar 80 – 120cm. Sisakan batang kira-kira 20%, sedangkan 80% sisanya dijadikan calon bibit. Lalu potong batang calon bibit ukuran sekitar 20 – 30cm dengan ujung bawah dipotong meruncing.

Demikianlah ulasan mengenai bibit buah naga super red selengkapnya untuk Anda. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi Anda yang mencari informasi seputar teknik budidaya tanaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *