Bawang Merah dan Bawang Putih Hidroponik

No comment 425 views

Bawang merah dan bawang putih memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Bahkan seringkali mengalami kenaikan harga. Bawang merah dan bawang putih juga tak pernah terlupa dalam berbagai masakan. Oleh karena itu, tak sedikit orang ingin membudidayakannya. Banyak orang yang membudidayakannya di lahan luas, di pekarangan rumah, dengan polybag, bahkan juga ada yang menerapkan metode tanam hidroponik.

Bawang Merah dan Bawang Putih Hidroponik

Metode tanam hidroponik adalah budidaya tanam yang memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah serta memacu kebutuhan nutrisi tanaman. Dibandingkan budidaya dengan tanah, metode hidroponik menggunakan kebutuhan air lebih sedikit. Pertumbuhan bawang merah dan bawang putih lebih tergantung pada banyaknya intensitas sinar matahari yang diterima daripada banyaknya air yang diserap. Pada dasarnya, bawang merah dan bawang putih dapat tumbuh dan berkembang biak dengan baik di dataran sedang maupun dataran rendah.

Budidaya Bawang Merah dan Bawang Putih

Budidaya bawang merah dan bawang putih dengan cara hidroponik hampir sama dengan budidaya sayuran lainnya. Pertama-tama siapkan bahan seperti botol plastik, sekam bakar, tanah, benih bawang merah dan bawang putih, kain flanel, air, gunting, dan nutrisi hidroponik. Langkah selanjutnya yaitu dengan membuat media tanam. Potong botol menjadi 2 bagian dengan bagian bawah lebih panjang. Lubangi tutup botol dan botol bagian bawah dengan gunting.

Masukkan kain flanel melalui lubang tengah tutup botol. Masukkan nutrisi hidroponik. Tutup botol tersebut dipasangkan pada botol bagian atas. Kemudian masukkan botol bagian bawah dengan posisi terbalik. Masukkan media tanam yang terdiri dari tanah halus dan sekam bakar ke dalam botol lalu disiram. Langkah berikutnya yaitu dengan menanam benih bawang merah dan bawang putih yang sudah dibersihkan. Tanam bawang merah dan bawang putih separuh badan.

Itulah ulasan mengenai bawang merah dan bawang putih hidroponik selengkapnya untuk anda sekalian. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda yang mencari informasi seputar teknik budidaya, pertanian, kehutanan, serta berbagai tips perkebunan.