Mengenal Bagian Bagian Bunga Sepatu Dan Fungsinya

483 views

Bunga sepatu termasuk ke dalam jenis bunga lengkap sebab memiliki bagian-bagian ataupun struktur penyusun bunga yang lengkap. Pada bunga sepatu mempunyai mahkota, kelopak, kepala putik, putik, serta benang sari. Berdasarkan alat kelaminnya, bunga sepatu ini juga termasuk ke dalam jenis bunga sempurna. Sebab dia memiliki putik serta benang sari pada satu bunga. Dikarenakan hal tersebut, bunga sepatu juga bisa disebut bunga hermafrodit. Bunga sepatu berguna sebagai tempat reproduksi pada usaha tanaman bunga sepatu memperbanyak diri. Dalam bunga sepatu berlangsung proses penyerbukan serta proses pembuahan supaya menghasilkan individu baru. Nah, Untuk melaksanakan fungsinya , bunga sepatu dilengkapi dengan sifat-sifat seperti halnya punya warna menarik.

mengenal-bagian-bagian-bunga-sepatu-dan-fungsinya

Bunga sepatu juga punya bentuk bermacam-macam, mengandung madu, serta sebagian lagi beraroma harum. Untuk bisa melihat berbagai jenis bunga sepatu yang terdapat di belahan dunia lain. Dalam Bunga sepatu terdiri atas 2 bagian, yaitu bagian steril serta bagian fertil. Bagian steril merupakan bagian bunga yang bukan termasuk organ reproduksi. Bagian steril bunga terdiri atas ibu tangkai bunga (pedunculus). Ada juga tangkai bunga (pedicellus), daun pelindung (brachtea), dasar bunga sepatu (receptacle), daun tangkai (brachteola), serta perhiasan bunga. perhiasan bunga meliputi kelopak bunga atau sepal serta mahkota bunga atau petal. Berbeda pada bagian steril, bagian fertil bunga merupakan bagian yang termasuk organ reproduksi yang benang sari serta putik (pistillum).

Bagian Bagian Bunga Sepatu

Bagian bagian bunga sepatu yang pertama yaitu tangkai. Tangkai bunga termasuk bagian yang sering Anda temui. Seperti yang Anda tau tangkai bunga adalah bagian bunga yang ada pada bagian bawah. Sehingga tangkai bunga berguna sebagai penopang serta penghubung antara tangkai beserta ranting. Bagian bunga yang selanjutnya adalah mahkota. Mahkota bunga termasuk bagian bunga  yang memiliki varian warna yang sangat menarik. Dengan variasi warna bunganya, mahkota bunga juga sering kali disebut dengan perhiasan bunga. Sehingga mahkota berguna sebagai pemikat dari serangga-serangga guna melakukan proses penyerbukan.

Secara anatomi, daun kelopak serta daun mahkota bunga sepatu mempunyai struktur sama yaitu terdapat banyak sel parenkimatis. Yang mana, parenkim ini disebut dengan mesofil. Parenkim terdapat di antara bagian epidermis bawah serta atas. Daun kelopak umumnya memiliki struktur sederhana. Daun kelopak pada bagian luarnya dilapisi dengan stomata, kutin, serta trikomata. Sel-sel pada daun kelopak ini juga terdapat zat hijau daun (klorofil). Sel-selnya daun mahkota bunga sepatu mempunyai banyak berkas jaringan pengangkut yang ukurannya kecil. Daun ini memiliki epidermis dengan bentuk khusus berupa tonjolan yang dinamakan papila. Papila ini dilapisi oleh kutikula.

Struktur Bunga Sepatu

Sementara itu, putik serta benang sari mempunyai struktur yang sangat berbeda. Umumnya, benang sari bunga sepatu terdiri dari kepala sari serta tangkai sari. Tangkai sari tersusun dari jaringan dasar yang berupa banyak sel parenkimatis yang mempunyai vakuola yang tidak beruang antar sel. Dalam epidermis tangkai sari ada trikomata, kutikula, serta stomata. Kepala sari memiliki struktur yang kompleks. Terdiri dari dinding yang berlapis, serta di bagian paling dalam ada ruang sari (lokulus) yang berisi dengan butir-butir serbuk sari. Jumlah lapisan dinding kepala sari pada tiap jenis tumbuhan berbeda.

Demikian ulasan mengenai bagian bagian bunga sepatu beserta fungsinya. Nah untuk menambah wawasan anda tentang tanaman hias coba baca informasi tentang bunga mawar pelangi yang telah diulas kemaren.