Bagaimana Caranya Tanaman di Pot dapat Berbuah Lebat???

Kebun.net – Kali ini kita akan membahas Bagaimana Caranya Tanaman di Pot dapat Berbuah Lebat. Ada banyak tips dan trik yang bisa anda peroleh di beberapa website untuk membuat tanaman yang ada di pot dengan cepat berbuah lebat. Tips yang sangat sederhana tanaman di pot dapat berbuah yaitu dengan melakukan “stres air” pada tanaman di pot tersebut.

Guna stres air adalah untuk merangsang supaya tanaman yang ada di pot cepat berbuah lebat dengan trik yang sangat mudah. Yang harus kita lakukan yaitu dengan TIDAK melakukan penyiraman tanaman tersebut di waktu tertentu. Misalnya, lakukanlah penyiraman pada tanaman tersebut agar tidak mati saja. Jangka waktunya bisa seminggu sekali atau mungkin disiram sebulan sekali saja. Lakukanlah “stres air” ini selama 3 bulan saja, dan untuk setelahnya lakukan penyiraman air secara normal seperti sediakala, tiap pagi dan sore. Tidak akan lama tanaman dalam pot tersebut akan berbunga lebat lalu akan berbuah lebat pula.

jambu air buah lebat, tanaman buah lebat

Tanaman di Pot berbuah sangat Lebat

Selain tips diatas, jangan lupa untuk melakukan pemupukan dengan Pupuk NPK dengan dosis 1 sendok makan ditabur merata, gunanya untuk memperbesar batang dan menyuburkan daun tanaman tersebut. Untuk tips “stres air” ini biasanya tidak lama kita melakukan hal ini pada tanaman yang ada di pot, kita hanya butuh waktu 2-3 bulan saja agar tanaman pot tersebut dapat langsung berbuah lebat.

Biasanya trik ini banyak digunakan oleh para penjual bibit yang ada dipasaran dan ketika kita hendak membeli tanaman tersebut, kita langsung tertarik untuk membeli bibit pohon tanaman itu. Apalagi tanaman buah tersebuh sudah menghasilkan buah, pastinya harga yang ditawarkan akan semakin mahal pula.

Penjual tanaman buah juga biasanya bibit berasal dari hasil sambungan mata tempel (Okulasi). Okulasi sendiri dilakukan di induk tanaman yang unggul supaya bibit yang dihasilkan berkualitas bagus, hal ini tidak lain untuk meningkatkan penjualan tanaman tersebut. Kadangkala ada juga penjual yang dengan sengaja menggunakan bibit dari hasil cabutan yang sengaja di benih. Biasanya harga bibit benih cabutan yang di tanaman di polybag  dengan ukuran 3-40cm dijual dengan harga 10 sampai 50ribu.

Baca juga:

Cara Menanam Bunga Euphorbia Agar Rajin Berbunga

Bunga Cempaka Merah Tanaman Langka Dengan Harga Selangit

Jika kita ingin repot sedikit, kita juga bisa menghasilkan bibit tanaman yang unggul yang ditanam dalam pot, caranya denga melakukan stek/okulasi atau bisa juga dengan sistem pencangkokan agar tanamannya dapat dengan cepat berbuah lebat.

Untuk menanam dan merawat tanaman pot ini, semuanya tergantung dari kita masing-masing. Lakukanlah perawatan dengan rutin, jangan lupa untuk memupuk dan menyiram secara rutin agar tanaman tersebut cepat beruah. Hasil dari “stres air” ini tergantung oleh tanaman pot tersebut, biasanya sudah sekian lama melakukan “stres air” tapi tanaman tersebut tidak berbuah, ada juga yang baru sebulan sudah berbunga lebat. Demikian info yang bisa kami berikan kepada anda, semoga bermanfaat.