Apa Saja Syarat Tumbuh Pepaya

No comment 450 views

Apa Saja Syarat Tumbuh Pepaya. Pepaya merupakan tanaman buah yang berasal dari Amerika Selatan yang beriklim tropis. Karena itu untuk dapat berproduksi secara optimal, pepaya membutuhkan keadaan agroklimat yang sesuai dengan iklim tropika.  Simak lengkapnya disini

Apa Saja Syarat Tumbuh Pepaya

Apa Saja Syarat Tumbuh Pepaya

faktor-faktor lingkungan yang dibutuhkan tanaman pepaya sebagai berikut

Syarat Tumbuh pepaya

Syarat Tumbuh pepaya

a. Ketinggian Tempat

Ketinggian tempat sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman pepaya. Faktor ketinggian tempat terutama berpengaruh pada tahap pembibitan dan tahap produksi. pembibitan pepaya sejak semai hingga tanam, umunya membutuhkan waktu 30-60 hari.

Ada hubungan positif antar ketinggian tempat dengan umur persemaian. di daerah dengan ketinggian tempat 0-100 m dpl hanya membutuhkan waktu persemaian selama 25-30 hari. sementara itu, daerah dengan ketinggian 250-300 m dpl membutuhkan waktu 45-50 hari hingga bibit siap tanam.

Secara umum pepaya dapat berproduksi optimal ditempat dengan ketinggian 300 m dpl. Namun, pepaya juga dapat berproduksi makasimal pada ketinggian tempat 0-500 m dpl. Dihawai, papaya banyak ditanam pada ketinggian 0-300 m dpl. Hubungan positif terjadi antar ketinggian tempat dan kecepatan berbunga. semakin rendah ketinggian lokasi lahan, semakin cepat tanaman pepya berbunga.

penting untuk diperhatikan, ketinggian tempat penanaman juga berpengaruh terhadap ukuran dan kualitas buah yang dihasikan. Berdasarkan pengalam di Bogor, terdapat perubahan ukuran dan kualitas buah dari pepaya yang ditanam didaerah dengan ketinggian lebih dari 500-700 m dpl.
Untuk kasus pepaya tipe kecil(bobot <600 gr) terjadi pengingkatan bobot buah menjadi 800-1000 gr per buah. Selain Itu, warna daging buah menjadi lebih terang atau pudar dan tingkat kemanisan buah berkurang. Namun untuk pepaya tipe besar, yang berubah hanya tingkat kemanisan buah yang menjadi berkurang, sedangkan ukuran buah tetap.

b. Temperatur

Agar tanama pepaya dapat berproduksi secara optimal,dibutuhkan suhu 21-33 C. Tanaman Pepaya tergolong sensitif terhadap perubahan suhu. Temparatur lingkungan di bawah 12 c selama beberapa jam pada malam hari berpengaruh negatif terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman. Sementara itu, suhu dibawah 17 C dapat menyebabkan bunga karpeloid muncul hingga 100% pada tipe pepaya kecil.

Bunga karpeloid menghasilkan buah yang bentuknya tidak sempurna.Jika Suhu lingkungan diatas 35 C terdapat kecandrungan perubahan ekspresi seks dari bunga hermaprodit menjadi bunga jantan atau betina. Suhu lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman. temperatu berdampak terhadap proses fotosintetis tanaman pepaya. fotosintat atau karbohidrat yang dihasilkan fotosintesis menurun jika suhu lingkungan di atas 30 C. Akibatnya ukuran buah yang dihasilkan akan lebih kecil dari ukuran buah yang normal sesuai dengan potensi varietasnya.  (Baca  Memilih Lokasi Budidaya Pepaya Red Lady)

C. Curah Hujan dan kelembapan

Pepaya tumbuh optimal dan menghasilkan buah dengan baik tanpa tambahan irigasi jika terdapat 6 bulan dengan curah hujan rata-rata 100mm. kebanyakn daerah tropis yang meiliki musim hujan dan kemarau yang jelas hanya memerlukan tambahan penyiraman saat musim kemarau, terutama jika kemarau lebih dari 2 bulan. Produktifitas tanaman sangatr tergantung pada ketersediaan irigasi ketikan musim kemarau.

Kelembapan udara yang dibutuhkan relatif minim, yakni sekitar 66%. Angka tersebut merupakan kebuthan lingkungan tumbuh yang sangat optimal bagi tanaman pepaya. Namun kekringan kadang menyebabkan daun tua lebih cepat layu dan perubahan bunga herma frodit menjadi jantan. Akibatnya buah yang terbentuk berkurang atau malah tidak ada.

kebun pepaya
Baca Juga

Cara terbaik budidaya benih sayuran Pare Paria

Pepaya merapakan tanaman yang akarnya tidak tahan terhadp aerasi yang buruk, terutama genangan disekitar perakaran. Jika selama lima hari tergenang air. daun yang terpapar sinar mathari penuh akan gugur karena klorosis. Air yang menggenang dipermukaan tanah akan menyebabkan kematian tanaman, karena perkaran membusuk. dilain pihak, pemulihan perkaran tanaman akan lambat. pertumbuhan akar juga akan melambat pada tanaman yang telah berbuah.

Semoga pembahasan Apa Saja Syarat Tumbuh Pepaya dapat membantu anda