Cara Budidaya Dan Perawatan Tanaman Anggrek Vanda

342 views

Walaupun sudah dijumpai sejak berpuluh tahun yang lalu, nama anggrek vanda tidak akan pernah pudar. Sebab banyak tanaman hias lainnya yang masuk di dunia tanaman hias. Umumnya tanaman vanda dibagi atas beberapa macam. Hibri tanaman Anggrek vanda ada yang terbuat dari persilangan antara spesies. Ada juga yang berasal dari persilangan antar varietas anggrek. Banyak orang memuji untuk keindahan dan kecantikan anggrek vanda. Dan tak kan henti-hentinya diucapkan bagi orang-orang yang menikmati keindahan bunga anggrek vanda. Selain kecantikan serta keindahan yang dipunyai, anggrek vanda juga punya banyak bentuk dan variasiatau kombinasi warna. Mulai dari warna bunga yang bercorak totol-totol sampai dengan discolour.

cara-budidaya-dan-perawatan-tanaman-anggrek-vanda

Setiap tanaman pasti mempunyai karakteristik. Baik itu secara umum ataupun secara terperinci. Begitu juga dengan tanaman vanda. Tanaman anggrek Vanda juga mempunyai karakteristik secara umum maupun dengan cara terperinci. Seperti halnya tanaman hias lainnya tanaman anggrek vanda juga mempunyai akar. Akar dari anggrek vanda ini tergolong kedalam akar dengan velamen. Apa pengertian dari akar bervelamen?. Akar bervalemen adalah akar yang bagian luarnya kelihatan transparan dan terbagi atas beberapa lapis serta beberapa sel serta mempunyai rongga.

Karakteristik Anggrek Vanda

Bunga anggrek vanda terbentuk membentuk satu rangkaian tandan yang terdiri dari 1 sampai dengan 15 kuntum bunga. Besar kuntum bunganya berbeda-beda, mulai dari ukuran sedang sampai dengan ukuran besar. Warna dari bunganya beraneka ragam. Bunganya ada yang berwarna kuning, merah, putih, ungu, biru, kombinasi bitik-bintik ataupun motif bergaris. Tangkai bunga yang sebagai tempat melekatnya karangan bunga akan dijumpai diantara dua ketiak daun.

Budidaya anggrek yang tujuannya diperjual belikan telah banyak dilakukan oleh banyak orang. Umumnya para petani dan para pecinta bunga. Permintaan pasar yang semakin meningkat membuat budidaya anggrek begitu prospektif. Banyak dari jenis anggrek yang harganya cukup tinggi di pasaran saat ini. Hal ini tentu menjadi komoditi yang begitu cocok untuk dimanfaatkan.

Cara Menanam Anggrek Vanda

Hal yang pertama yaitu dengan menyiapkan media tanam anggrek. Angrek Vanda lebih tepat ditanam di dalam pot khusus tanaman hias. Oleh karena itu siapkan pot hias dengan ukuran sesuai selera anda. Lalu beri pot yang telah disiapkan dengan tanah untuk dijadikan sebagai media tanam. Selain tanah, anda juga dapat menggunakan bahan lain seperti halnya potongan pakis. Atau bisa menggunakan arang sabut kelapa, atau dengan pecahan batu bata sebagai media tanam.

Sesudah pot dan media tanam siap, langkah selanjutnya adalah dengan menyiapkan tiang penahan batang dari bagian bunga anggrek itu. Batang dari bunga anggrek Vanda memanglah cenderung berbentuk memanjang. Apabila tidak diikat serta dibiarkan begitu saja, batang anggrek menjalar keluar tidak teratur. Supaya terlihat lebih indah gunakanlah tiang penahan dari kawat untuk membuat batang anggrek menjadi lebih rapi serta indah.

Sesudah anggrek telah ditanamkan, langkah terakhir yaitu menempatkan pot anggrek tersebut pada tempat yang anda inginkan. Ingat, bunga anggrek memerlukan cahaya matahari yang cukup supaya pertumbuhan baik. Oleh sebab itu tempatkan pot anggrek tersebut pada tempat yang mendapatkan cahaya yang bisa dikatakan cukup. Selain dari cahaya matahari yang cukup anggrek juga membutuhkan sirkulasi udara yang teratur. Untuk itu tempatkan pot anggrek pada tempat yang sirkulasi udaranya teratur. Semoga dengan artikel ini bisa menambah wawasan anda tentang anggrek vanda.