Mengenal Jenis Alat Pertanian Modern Dan Fungsinya

523 views

Faktor suksesnya dari sektor pertanian memang tidak luput dari para penunjangnya.  Alat pertanian yang digunakan saat ini bermacam macam, mulai dari yang kecil hingga yang berukuran jumbo. Nah, Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang alat pertanian di zaman modern yang mungkin bisa di jadikan referensi oleh para petani Indonesia. Adapun jenis mesin dari pertanian yang paling utama dan sering dibutuhkan adalah traktor. Alat yang satu ini memang mempunyai banyak sekali bentuk, mulai dari yang traktor yang kecil hingga traktor dengan ukuran yang sangat besar. Peran dari traktor ini tak lain adalah sebagai alat bantu pada proses pengolahan tanah untuk persawahan. Yaitu dengan menarik atau mendorong alat pengolah tanah. Alat ini digunakan dalam budidaya padi sawah.

mengenal-jenis-alat-pertanian-modern-dan-fungsinya

Alat pertanian Traktor sebenarnya mempunyai 2 jenis, ada yang menggunakan roda rantai, dan ada juga yang menggunakan dua roda. Fungsi utama dari roda rantai adalah biasanya dimanfaatkan untuk keadaan tanah yang berlumpur. Sedangkan yang menggunakan roda dua umumnya dipakai pada tanah dalam kondisi kering. Pengolahan tanah adalah suatu hal wajib yang harus di lakukan oleh para petani sebelum melakukan proses penanaman bibit. Sebab dengan pengolahan tanah dengan baik dan benar makan proses penanaman akan lebih mudah. Tentunya itu baik sekali untuk benihnya. Nah, untuk Alat pengolahan tanah di bagi menjadi dua, yaitu alat pengolahan tanah pertama dan juga pengolahan tanah kedua.

Alat Pertanian Modern

Rotovator adalah sejenis alat pertanian yang dipakai dalam kerja-kerja penyediaan tanah untuk penanaman semula agar tanah lebih gembur. Terdapat rotovator yang berukuran kecil untuk pekebun kecil seperti penanam sayuran. Sedangkan rotovator besar untuk ladang-ladang yang luas yang dipasang pada trekter. Di Malaysia alat pertanian yang digunakan dengan ukuran kecil banyak dipakai oleh penanam sayur dan untuk tanaman makanan. Terdapat berbagai jenis rotovator dari jenis yang paling kecil dan murah kepada jenis yang besar dan harganya yang mahal. Rotovator membantu para petani dalam meringankan kerja-kerja penyediaan tanah. Dimana dulunya mereka hanya menggunakan cangkul dan tajak sahaja. Kecanggihan peralatan rotovator ini selain digunakan untuk merotor tanah alat ini juga boleh digunakan untuk memberi batas tanaman.

Alat Cultivaktor

Alat yang berikutnya adalah cultivaktor. Cultivaktor yaitu sebuah alat yang dipakai sebagai penyiangan tanaman. Maksud dari penyiangan yaitu sebuah pemeliharaan bukan pengolahan. Cara kerja Kultivator adalah mengaduk serta menghancurkan gumpalan tanah yang berukuran besar.Ini dilakukan sebelum penanaman tujuannya untuk mengaerasi tanah. Ataupun setelah benih atau bibit tertanam tujuannya untuk membunuh gulma. Berbeda dengan garu mengaduk yang sebagian besar permukaan tanah. Kultivator mengaduk tanah hanya sebagian saja dengan cara hati-hati sehingga tidak mengganggu tanaman pertanian. Alat Kultivator yang bertipe gigi menyerupai bajak singkal akan tetapi bekerja dengan cara yang berbeda. Kultivator hanya bekerja pada permukaan, dan bajak singkal bekerja lebih ke dalam tanah. Sehingga pemakaian kultivator membutuhkan tenaga tarik yang lebih kecil dibandingkan dengan pembajakan.

Berikutnya adalah bajak singkal. Bajak singkal modern yaitu sebuah alat untuk yang bisa dipakai untuk membolak balikkan tanah. Dalam hal ini, diklasifikasikan menjadi dua jenis, antara lain bajak singkal satu arah serta bajak singkal dua arah.  Demikianlah ulasan tentang alat pertanian modern. Semoga dengan artikel ini bisa menjadikan referensi untuk para petani yang ingin menggunakan alat modern untuk meringankan pekerjaannya. Karena dengan adanya alat modern, para petani tidak akan kerepotan lagi dalam mengolah lahannya. Semoga bermanfaat.