5 Tanaman Hias Yang Tahan Sengatan Matahari

110 views

Kebun.Net – Indonesia merupakan negara dengan sinar matahari yang dapat kita rasakan sepanjang tahun dengan intensitas yang hampir sama. Tidak seperti negara-negara yang memiliki 4 musim, Indonesia terkenal panas walaupun sedang musim hujan. Bagi kita yang suka dengan tanaman hias tentu ingin menanam tanaman hias yamh tahan dari sengatan matahari. Selain tahan sengatan matahari, tanaman ini juga tidak terlalu banyak membutuhkan air. Berikut ini beberapa tanaman hias mungkin sangat cocok ditanam di wilayah Indonesia yang hanya mempunyai dua musim dengan suhu udara yang cukup tinggi.

1. Lidah Mertua


Tanaman ini mempunyai nama latin Sansevieria dan banyak digunakan untuk tanaman hias di dalam rumah. Lidah mertua kebanyakan ditanam di rumah dikarenakan kegunaannya yang dapat menetralkan udara kotor di dalam ruangan, juga menyerap bau tidak sedap yang dikeluarkan oleh perabotan rumah tangga, serta sebagai obat herbal. Akan tetapi bukan berarti lidah mertua tidak dapat ditanam di luar ruangan karena tumbuhan ini juga dikelompokkan ke dalam tanaman hias tahan panas matahari. Apabila ditanam di luar ruangan, lidah mertua akan berfungsi juga untuk menyerap polusi udara di sekitar rumah.

2. Bunga Kamboja

Bunga yang memiliki daya tarik di kelopaknya yang cantik dan menawan dengan kombinasi warna kuning dan putih ini bisa tumbuh dengan subur meskipun dengan sedikit air. Bunga Kamboja mampu beradaptasi dengan baik pada lingkungan terbuka dan banyak sengatan matahari. Bunga ini sangat cocok untuk dijadikan tanaman penghias luar ruangan yang tahan paparan matahari langsung dan tidak mudah layu.

3. BUNGA KERTAS (BOUGENVILLE)


Beberapa bunga kertas yang cukup populer antara lain california gold, gold rush, after glow, bambino baby allison, bambino baby victoria, bambino baby lauren, cherry blossom, coconut ice, alexandra, barbara karst, dan bambino majik. Bougenville (Bugenvil) juga menjadi salah satu tanaman hias yang tahan matahari dan sangan cocok untuk ditanam sebagai penghias taman atau luar rumah kita.

4. Jengger Ayam


Tanaman bunga dari keluarga Amaranthaceae banyak dikenal dengan nama jengger ayam disebabkan bunga yang dihasilkan terlihat seperti daging merah yang ada pada bagian kepala ayam jago. Terdapat banyak warna indah yang dimiliki oleh tanaman dengan nama latin Celosia cristala ini, diantaranya merah, kuninng, dan oranye. Jengger ayam adalah tanaman yang tahan panas matahari dengan waktu berbunga beberapa kali dalam sebulan.

5. Bayam Merah


Bayam merah merupakan salah satu tanaman dari jenis bayam. Karena bayam merap punya warna daun yang menarik, bayam merah sekarang ini sudah banyak dijadikan tanaman hias. Bayam merah akan tumbuh baik di suhu yang tinggi, sehingga di luar ruangan dan terbuka yang mendapatkan banyak sinar matahari, bayam merah dapat berkembang secara optimal.