5 Jenis Hamster Paling Populer

544 views

Termasuk ordo redentia, hamster sering kali dikaitkan mirip dengan tikus. Nyatanya, tikus dan hamster memiliki perbedaan yang berbeda jauh. Bila tikus tidak memiliki bulu halus dan lebih besar, sedangkan hamster memiliki bulu halus dan identik kecil mungil. Jenis hamster sendiri sebenarnya banyak. Menurut beberapa sumber ada sekitar 24 spesies hamster. Tetapi yang perlu kita ketahui dan populer hanya 5.

Di Indonesia sendiri jenis-jenis hamster yang bisa dipelihara hanya ada beberapa. Tapi, sebenarnya 5 jenis hamster berikut ini sangat perlu diketahui. Selain dikenal dan umumnya dipelihara. Hamster-hamster ini lucu-lucu membuat anda akan gemas ingin memelihara hamster sebagai hewan peliharaan.

5 Jenis Hamster Paling Populer

1. Hamster Syria

Nama ilmiah: Mesocricetus auratus

Panjang: 12,5-17,5 CMS (4,9 – 6,9 inci)

Rentang hidup: 2-3 tahu

Syrian Hamster

Spesies hamster yang paling terkenal adalah Hamster Syria atau emas mereka adalah spesies yang paling sering disimpan sebagai hewan peliharaan. Ada beberapa variasi warna yang berbeda dan ada juga varietas berambut panjang. Mereka dikenal dengan beberapa nama yang berbeda, tergantung pada warna mereka, yang meliputi; Hamster emas, hamster mewah, beruang madu, beruang panda, beruang hitam, beruang hitam Eropa, beruang kutub, boneka beruang dan Dalmatian.

Hamster Syria memiliki sifat inkuisitif dan mereka membuat hewan peliharaan “pertama ” untuk anak. Mereka membutuhkan kandang besar dengan banyak ruang untuk menjalankan aktifitas setiap hari. Mereka adalah spesies yang tidak ramah karena tidak akan mentolerir hamster lain, sehingga mereka harus ditempatkan pada kandang sendiri dan dipisahkan dari spesies lain. Untuk harga hamster ini sangat murah 15-30 ribu tergantung ukuran hamsternya.

2. Hamster Campbell

Nama ilmiah: Phodopus campbelli

Panjang: 10-12 CMS (3,9-4,7 inci)

Rentang hidup: 1,5-3 tahun

Campbell Hamster

Campbell hamster ditemukan oleh W C Campbell di 1902 di Tuva, Asia. Mereka berasal dari daerah stepa dan Semi-Arid di Asia Tengah, Altay Mountains dan Cina timur laut.

Mereka dapat menjadi banyak warna yang berbeda dan memiliki berbagai tanda. Tidak seperti Hamster Syria, hamster Campbell dapat hidup bersama dengan gembira jika mereka diperkenalkan pada usia dini. Namun, hamster yang telah ditempatkan bersama-sama untuk beberapa waktu kadang-kadang dapat bertengkar mereka harus dipisahkan.

Karena ukurannya yang kecil, mereka bisa sangat sulit untuk ditangani oleh anak kecil, tetapi mereka membuat hewan peliharaan yang baik untuk anak atau orang dewasa yang lebih tua. Hamster campbell ini suka menggigit,bagi anda yang tidak berani. Lebih baik memelihara spesies lain. Untuk harga kisaran 10-30 ribu tergantung ukuran badan.

3. Hamster Winter White

Nama ilmiah: Phodopus sungorus

Panjang: 8-10 CMS (3,1-3,9 inci)

Rentang hidup: 1,5-2 tahun

Winter White Hamster

Hamster winter white mirip dengan hamster Campbell. Mereka dapat ditemukan di Siberia, Kazakhstan dan Mongolia dan mereka juga dikenal sebagai Siberia hamster. Indonesia sendiri banyak sekali hamster jenis winter white ini.

Karena ukurannya yang kecil, mereka bisa sangat sulit untuk ditangani oleh anak kecil, tetapi mereka membuat hewan peliharaan yang baik untuk anak atau orang dewasa yang lebih tua. Mereka juga cocok disimpan di akuarium.

4. Hamster China/Tiongkok

Nama ilmiah: Cricetulus griseus

Panjang: 10-12 CMS (3,9-4,7 inci)

Rentang hidup: 2-3 tahun

Hamster Cina

Hamster Cina berasal dari gurun di Cina Utara dan Mongolia. Mereka sering disimpan sebagai hewan peliharaan dan di masa lalu telah digunakan sebagai hewan laboratorium. Dibandingkan dengan hamster lain mereka memiliki panjang, tipis membangun dan ekor yang relatif panjang. Mereka bisa menjadi keabu-abuan/coklat dalam warna dengan garis gelap menuruni tulang belakang mereka dan sisi bawah berwarna terang, atau variasi warna yang populer adalah putih keabu-abuan seluruh dengan garis gelap di punggungnya; ini dikenal sebagai hamster Cina White Spotted.

Hamster Cina memiliki temperamen yang tenang dan mudah ditangani. Mereka bisa sangat gugup ketika mereka masih muda, tapi begitu mereka jinak mereka tenang dan lembut.Beberapa negara bagian AS seperti California, menganggap hamster Tionghoa sebagai hama dan izin khusus diperlukan untuk memiliki, berkembang biak dan menjualnya. Di negara lain seperti New Jersey mereka digolongkan sebagai hewan eksotis dan izin juga diperlukan untuk memilikinya. Di Indonesia sendiri banyak hamster jenis china ini.

5. Hamster Roborovski

Nama ilmiah: Phodopus roborovskii

Panjang: hingga 4,5 CMS (1,8 inci)

Rentang hidup: hingga 3,5 tahun

Roborovski Hamster

Hamster Roborovski berawal di sekitar gurun Gobi, di seluruh padang pasir di Mongolia dan di bagian utara Cina. Mereka adalah jenis terkecil hamster yang umumnya disimpan sebagai hewan peliharaan dan mereka memiliki rentang hidup terpanjang dibanding hamster lain.

Mereka sangat aktif dan sangat cepat yang membuat mereka sulit untuk ditangani,Mereka dapat ditempatkan bersama-sama jika mereka diperkenalkan pada usia dini, tetapi mereka juga sangat teritorial sehingga pemilik perlu menyadari hal ini.

Beberapa jenis hamster populer tadi bisa anda jadikan referensi untu anda yang menginginkan hewan peliharaan. Serta mengetahui persis bila hamster memiliki beberapa spesies yang berbeda dan perlu dipahami. Agar tidak bingung dalam memilih hamster. Semoga bermanfaat,terima kasih telah membaca artikel ini.

Tinggalkan pesan "5 Jenis Hamster Paling Populer"

Penulis: 
    author
    No related post!