4 Jenis Tanaman Buah Naga Beserta Syarat Tumbuhnya

204 views

Pada dasarnya, buah naga termasuk dalam golongan jenis tanaman kaktus. Buah naga banyak tumbuh di wilayah tropis, sama seperti halnya di Indonesia. Buah naga merupakan tanaman yang paling populer dibudidayakan masyarakat. Pasalnya, buah naga kaya akan nutrisi dan manfaat lainnya bagi kesehatan. Buah naga dapat ditanam pada sebuah pot, halaman rumah, lahan sempit, maupun kebun anda.

Ciri pohon buah naga itu sendiri diantaranya yaitu bentuk daunnya yang menjulur panjang berwarna hijau. Daun buah naga tersebut dipenuhi dengan duri. Di Indonesia, buah naga yang paling banyak ditanam adalah buah naga merah dan buah naga putih. Padahal secara umum, tanaman buah naga tersebut terdapat banyak jenisnya. Untuk info lebih lengkapnya, simak saja berbagai jenis tanaman buah naga beserta syarat tumbuhnya berikut ini.

4 Jenis Tanaman Buah Naga Beserta Syarat Tumbuhnya

Jenis Tanaman Buah Naga

Jenis buah naga yang pertama adalah Hylocereus undatus. Buah naga yang satu ini memiliki kulit buah berwarna merah dengan daging buah yang berwarna putih. Budidaya buah naga putih ini paling populer di Indonesia. Kadar kemanisan buah naga ini lebih rendah dibandingkan jenis buah naga lainnya. Untuk beratnya, buah naga putih ini memiliki berat kisaran 400-700 gram. Jenis buah naga selanjutnya adalah Hylocereus costaricensis. Buah naga ini memiliki kulit berwarna merah dengan daging buah berwarna merah mencolok. Jenis buah naga merah ini memiliki rasa manis yang lebih tinggi dibandingkan buah naga Hylocereus undatus.

Jenis buah naga selanjutnya adalah Hylocereus polyrhizus. Jenis buah naga Hylocereus polyrhizus tersebut memiliki kulit buah yang berwarna merah dengan daging buah berwarna merah keunguan. Buah naga Hylocereus polyrhizus tersebut memiliki kadar kemanisan lebih rendah dibandingkan buah naga Hylocereus costaricensis, dan memiliki rasa manis lebih tinggi dibandingkan buah naga Hylocereus undatus. Jenis buah naga yang keempat adalah buah naga Selenicereus megalanthus. Buah naga Selenicereus megalanthus ini memiliki kulit buah berwarna kuning. Jenis buah naga ini adalah jenis buah naga yang paling manis dibandingkan jenis buah naga yang lainnya. Untuk beratnya, tanaman buah naga kuning yang satu ini hanya berbobot 80-100 gram saja.

Syarat Tumbuh Buah Naga

Buah naga dapat tumbuh dengan baik dengan mendapatkan curah hujan sekitar 60 mm/bulan atau 720 mm/tahun. Tanaman buah naga tersebut masih dapat mentolerir curah hujan dalam kisaran 600 – 1.300 mm/tahun. Selain itu, tanaman buah naga juga membutuhkan intensitas sinar matahari sekitar 70 – 80 %. Tanaman buah naga akan mengalami pertumbuhan yang baik jika ditanam pada daratan rendah dalam kisaran 0 – 350 mdpl. Suhu udara yang baik untuk pertumbuhan tanaman buah naga yakni sekitar 26 – 36 derajat celcius dengan kelembaban udara mencapai 70 – 90 %.

Media tanam yang sangat menunjang tumbuh kembang tanaman buah naga adalah tanah atau media tanam yang memiliki derajat keasaman dengan pH sekitar 6,5 – 7. Bukan hanya itu saja, tanah atau media tanam tersebut juga harus kaya akan nutrisi dengan kandungan zat kalsium tinggi sehingga pertumbuhan buah naga akan menjadi lebih optimal. Buah naga sangat dianjurkan untuk ditanam di ruang terbuka agar mendapat nutrisi dan sinar matahari yang cukup. Dengan terpenuhinya semua syarat tumbuh tersebut, buah naga dapat tumbuh dengan lebih maksimal.

Itulah ulasan mengenai jenis tanaman buah naga selengkapnya untuk anda. Semoga artikel tersebut bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda yang mencari informasi seputar kumpulan jenis tanaman buah naga beserta syarat tumbuhnya yang baik dan benar.