4 Jenis Buah Durian Unggulan Terpopuler

591 views

Aroma dan rasa buah durian yang begitu tajam membuatnya menjadi idola segala buah. Namun aroma buah durian yang begitu menusuk hidung membuat sebagian kecil masyarakat enggan untuk merasakannya. Padahal, buah durian tersebut terkenal dengan kelezatannya hingga banyak orang yang menyebutnya sebagai raja buah. Tak sedikit orang yang rela menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan buah durian yang lebih berkualitas. Harga buah durian tersebut tergantung pada jenis. Semakin unggul jenis buah durian tersebut maka semakin mahal pula harganya.

Tidak hanya jenis buah tin yang beragam, buah durian juga terdapat berbagai jenisnya. Penamaan beberapa jenis buah durian tersebut disesuaikan dengan asal buah durian tersebut. Beberapa diantaranya yaitu jenis buah durian Lampung, durian Palembang, durian Medan, dan jenis buah durian lainnya. Setiap jenis buah durian tersebut memiliki kekhasan rasa tersendiri dengan berbagai keunggulan masing-masing. Rasa yang khas dari setiap jenis buah durian tersebut menjadi daya tarik tersendiri. Untuk info lebih jelasnya, simak saja jenis buah durian terbaik berikut ini.

4 Jenis Buah Durian Unggulan Terpopuler

Jenis Buah Durian Paling Populer

1. Durian Montong

Durian montong merupakan salah satu jenis durian yang paling populer di Indonesia. Jenis durian terbaik yang satu ini asli dari Kalimantan. Rasa buah durian tersebut begitu manis dengan daging buah yang tebal. Biji buah durian montong tersebut berukuran kecil dan mudah berbuah lebat. Bentuk buah durian tidak sepenuhnya bulat, melainkan sedikit lonjong dan berukuran tidak beraturan. Saat telah masak, buah durian montong tersebut dapat memiliki berat hingga 13 kg ke atas.

2. Durian Petruk

Durian petruk merupakan satu dari kesekian buah durian yang telah laris di pasar lokal maupun mancanegara. Buah durian petruk tersebut merupakan jenis buah durian yang paling banyak digemari para pecinta durian atau duren. Bentuk buah durian petruk tersebut menyerupai telur terbalik dengan bagian bawahnya terlihat lebih runcing. Buah durian petruk tersebut memiliki daging buah yang berwarna kuning dengan rasa yang sangat manis. Serat buah durian petruk begitu halus dan agak lembek. Untuk ukuran bijinya relatif lebih kecil dan lonjong.

3. Durian Bokor

Durian bokor merupakan jenis buah durian yang berasal dari Sukahaji, Majalengka, Jawa Barat. Durian bokor memiliki bentuk buah yang bulat dan panjang dengan warna hijau kekuningan. Duri buah durian bokor berbentuk kerucut besar dan juga jarang. Durian bokor juga termasuk jenis durian yang tahan terhadap berbagai serangan penyakit yang dapat menyebabkan akar busuk. Meski begitu, buah durian bokor tidak kuat dengan serangan hama pengerek. Daging buah durian bokor memiliki ketebalan sedang dan berwarna kuning. Buah durian bokor memiliki tekstur halus dan juga tidak berserat.

4. Durian Merah

Buah durian merah berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur dan sangat populer hingga saat ini. Sesuai dengan namanya, buah durian merah memiliki daging merah yang berwarna merah. Hal inilah yang membuat buah durian merah menjadi idola. Warna daging buah merah tersebut menjadi keunggulan dan daya tarik tersendiri. Keunikan yang dimiliki buah durian merah tersebut dipadukan dengan rasa buah yang manis sekali. Ukuran buah durian merah tidak begitu besar dan hanya memiliki berat 2.5 kg saja.

Itulah ulasan terupdate mengenai jenis buah durian selengkapnya untuk anda. Semoga artikel tersebut bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda yang mencari informasi seputar kumpulan jenis tanaman buah terpopuler saat ini.